Connect with us

Hi, what are you looking for?

Religius

Ketahui Cara Mengasuh Anak Sesuai Ajaran rasul

Ketahui Cara Mengasuh Anak Sesuai Ajaran Rasul
https://harianmassa.com/

Anak merupakan investasi yang dapat diandalkan di dunia. Tidak itu saja, anak juga merupakan salah satu hal yang dapat mempermudah urusan akhirat. Sebagian orang berpendapat bahwa cara mengasuh anak sesuai ajaran Rasul merupakan salah satu cara yang dapat diterapkan pada anak kita.

Nabi Muhammad SAW juga telah memperkenalkan pengasuhan anak sedari dulu. Hal ini Nabi turunkan dari generasi ke generasi melalui teman-teman, tabi’it-tabi’in dan ulama yang menjalankan syiarnya. Anak-anak juga memiliki beberapa tahapan pertumbuhan, yang menunjukkan pola pengasuhan yang berbeda tergantung pada kelompok umur mereka.

Berikut ini beberapa cara mengasuh anak sesuai ajaran Rasul, sesuai nasehat Nabi Muhammad SAW. Cara ini juga termasuk sesuai dengan ajaran Nabi dan sesuai dengan petunjuk al-Quran dan al-Hadits.

Cara Mengasuh Anak Sesuai Ajaran Rasul
http://ayo-viralkan.blogspot.com/

1. Mendengarkan Alquran Sejak Lahir

Ada beberapa hal yang bisa dipelajari langsung dari Al-Quran, mulai dari membaca hingga mendengarkan Al-Quran itu sendiri. Itu juga sangat penting.

Selain itu, mendengarkan Al Quran juga dapat membantu anak di usia dini untuk memberikan keberkahan dan dapat membuat anak lebih memahami tentang agama. Masa kecil adalah saat yang tepat untuk mendengarkan ayat-ayat al-Quran.

Dengan mendengarkan Al-Quran, secara tidak sengaja bayi dikenalkan dengan Al-Quran sejak usia dini. Banyak manfaat dan hikmah dari kitab suci Al-Qur’an khususnya Uswatun Hasanah.

2. Mengajarkan Dasar-dasar Islam

Cara mengasuh anak sesuai ajaran Rasul berikutnya adalah dengan mengajarkan dasar-dasar Islam. Pada usia 3 tahun anak-anak akan memiliki kebutuhan belajar yang lebih, apalagi usia ini merupakan masa emas pada usia ini. Maka pada umur ini anak sudah harus diajarkan dasar-dasar Islam yang benar.

Pengajaran dasar-dasar Islam juga merupakan cara mengasuh dan membesarkan anak sesuai sunnah yang dianjurkan Nabi. Contoh dasar-dasar Islam yang harus diajarkan adalah bagaimana mengucapkan Syahadat LAA ILA HAILLALLAHU MUHAMMAD RASULULLAH, mengajarkan anak untuk membayar zakat fitrah, fidyah, dan lain sebagainya.

Cara ini adalah dasar untuk mengajar anak-anak dasar-dasar Islam yang dianjurkan oleh Nabi kita Muhammad SAW. Selain itu, setelah mempelajari Syahadat, anak juga dapat mempelajari ungkapan tasbih, istighfar, tahmid, takbir, tahlil, dan lain-lain sebagainya.

3. Mencontohkan Sholat

Mengajarkan dan menunjukkan sholat merupakan cara mengasuh anak sesuai ajaran Rasul yang bisa kita lakukan sejak mereka kecil. Sejak kecil, anak-anak harus terbiasa menerima dan mempraktekkan sholat agar kelak ketika mereka dewasa mereka memiliki tanggung jawab untuk berdoa dan melakukan sholat dengan kesadaran sendiri.

Selain itu, ingat, shalat merupakan rukun agama yang harus dipelajari secara maksimal dan dijadikan salah satu hal yang baik dalam hidup.

4. Mengajar Tauhid

Orangtua harus mengajarkan Tauhid kepada anak sejak mereka kecil. Karena jika mengajar tauhid sejak usia dini, kemungkinan besar generasi penerusnya akan beragama dan memiliki akhlah yang baik dalam kehidupan kelak.

5. Ajarkan puasa

Yang terakhir, cara mengasuh anak sesuai ajaran Rasul adalah mengajari anak-anak cara berpuasa sejak usia muda mereka. Dengan mengajari anak berpuasa maka keyakinan mereka pada agama akan meningkat.

Jika anak kita sudah berusia 6 tahun ke atas, inilah saat yang tepat untuk mengajari mereka berpuasa. Dengan cara ini, anak-anak dapat lebih memahami bagaimana mengimani dan memahami ajaran Islam.

Sekian kali ini pembahasan menganai cara mengasuh anak sesuai ajaran Rasul, yang bisa dipraktekkan sehari-hari kepada buah hati kita. Anak-anak tercinta kita sangat membutuhkan pengajaran dan pendidikan yang baik dan benar. Kelak apa yang sudah kita tanamkan sedari kecil akan bermanfaat bagi mereka sehingga mereka bisa tumbuh menjadi generasi yang beragama dan berakhlak.

Mungkin Anda tertarik membaca: 3 Daya Tarik Wisata Labuan Bajo Yang Menjadi Magnet Bagi Para Turis

You May Also Like

Bisnis

Cari distributor Jual Geotextile Non Woven berkualitas dengan harga murah? CV Mega Abadi Perkasa adalah salah satu pilihan terbaik yang dapat anda pilih. Untuk...

Bisnis

Berita terbaru mengenai smartphone menjadi semakin viral dan selalu menjadi topik utam dalam media berita selama bertahun-tahun karena berbisnis smartphone kini telah menjadi bisnis...

Games

Kini banyak orang menjadi pecinta permainan poker online. Mulai dari anak remaja, kuliahan, pegawai kantoran, hingga pengusaha. Pemain poker tidak dibatasi oleh usia, asalkan...

Sticky Post

Semuanya ada di backlink – itulah yang selalu saya katakan. Kuantitas yang cukup dengan kualitas yang tepat adalah perpaduan sempurna. Tapi bagaimana cara membangun...