Connect with us

Hi, what are you looking for?

Uncategorized

Indonesia mengatakan kurangnya kasus coronavirus merupakan berkah dari Tuhan

JAKARTA (Reuters) – Menteri Kesehatan Indonesia membela proses penyaringan virus korona negara itu pada hari Kamis dan mengatakan tidak adanya kasus yang dikonfirmasi di negara berpenduduk terbesar keempat di dunia itu adalah “berkah dari Yang Mahakuasa”.

Negara Asia Tenggara yang luas dengan lebih dari 260 juta orang belum mencatat kasus apa pun meskipun beberapa warganya di luar negeri telah tertular virus itu, termasuk delapan kru di kapal pesiar Diamond Princess di Yokohama Jepang.

Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto mengatakan 134 sampel uji yang diambil dari orang yang diduga memiliki coronavirus ternyata negatif.

“Jika sampai detik ini semua keluar negatif, maka itu merupakan berkah dari Yang Mahakuasa,” katanya kepada wartawan.

Putranto mengatakan tes pada dua pasien yang meninggal minggu ini setelah menderita gejala yang terkait dengan tertular virus itu negatif.

Pada 23 Februari, seorang lelaki Singapura meninggal setelah dilaporkan menderita demam dan sesak napas di kota Batam, tetapi kepala dinas kesehatan setempat mengatakan ini disebabkan oleh penyakit lain yang tidak ditentukan.

Kematian seorang pria 37 tahun di Semarang di Jawa Tengah yang menderita pneumonia setelah kembali dari luar negeri bukan disebabkan oleh virus corona, tetapi oleh flu H1N1, katanya.

Peneliti di Harvard T.H. Sekolah Kesehatan Masyarakat Chan, di Amerika Serikat, mengatakan dalam sebuah penelitian bulan ini bahwa Indonesia harus memperkuat pengawasan dan pengendalian wabah – terutama karena memiliki penerbangan langsung dari pusat kota Wuhan di Cina, pusat penyebaran wabah.

Tim Harvard mengatakan kurangnya kasus yang dikonfirmasi di Indonesia “mungkin menunjukkan potensi kasus yang tidak terdeteksi” karena perjalanan udara dapat berkontribusi pada kasus yang diekspor dari Tiongkok.

APAKAH ” CUKUP RAHASIA”

Indonesia telah melarang masuk ke pengunjung yang telah di Cina selama 14 hari dan menghentikan semua penerbangan ke dan dari sana.

Indonesia telah menguji relatif sedikit orang dibandingkan dengan beberapa tetangga dan penduduknya, tetapi Putranto mengatakan tes dilakukan ketika “dokter menentukan mereka memiliki gejala yang mengarah ke arah itu.”

“Bayangkan jika setiap orang yang menderita batuk atau flu diperiksa, maka jutaan akan diperiksa,” katanya.

Navaratnasamy Paranietharan, perwakilan Indonesia dari Organisasi Kesehatan Dunia, mengatakan bahwa WHO “cukup yakin bahwa Indonesia siap untuk dapat menanggapi situasi ini.”

Secara terpisah, Indonesia akan mengirim pesawat Garuda Indonesia (GIAA.JK) dalam beberapa hari mendatang ke Jepang untuk menjemput 68 warganya yang bekerja di atas Puteri Berlian yang terkena virus korona, kata para pejabat.

Awak kapal bisa dikarantina hingga 28 hari di Pulau Sebaru di Laut Jawa di utara Jakarta, tempat 188 anggota awak dari kapal pesiar lain juga ditahan di karantina.

Virus corona telah menginfeksi lebih dari 80.000 orang di seluruh dunia dan membunuh hampir 2.800, mayoritas di Cina.

Pelaporan tambahan oleh Stanley Widianto dan Maikel Jefriando; Editing oleh Ed Davies dan Timothy Heritage

Standar Kami: The Thomson Reuters Trust Principles.

You May Also Like

Bisnis

Cari distributor Jual Geotextile Non Woven berkualitas dengan harga murah? CV Mega Abadi Perkasa adalah salah satu pilihan terbaik yang dapat anda pilih. Untuk...

Bisnis

Berita terbaru mengenai smartphone menjadi semakin viral dan selalu menjadi topik utam dalam media berita selama bertahun-tahun karena berbisnis smartphone kini telah menjadi bisnis...

Games

Kini banyak orang menjadi pecinta permainan poker online. Mulai dari anak remaja, kuliahan, pegawai kantoran, hingga pengusaha. Pemain poker tidak dibatasi oleh usia, asalkan...

Sticky Post

Semuanya ada di backlink – itulah yang selalu saya katakan. Kuantitas yang cukup dengan kualitas yang tepat adalah perpaduan sempurna. Tapi bagaimana cara membangun...