Ini dia Berita Otomotif Kota Palu yang Sempat Viral dan Hits

Dinamika perkembangan otomotif di Kota Palu berkembang dengan sangat pesat. Bahkan hampir dipastikan informasi terkait dengan mobil dan perangkatnya di Palu selalu update dan real time. 

Fenomena ini cukup menyenangkan bahkan bisa menjadi keuntungan tersendiri bagi daerah. Apalagi dengan adanya progresifitas ini, pertumbuhan distributor otomotif di Palu juga semakin pesat. 

Nah di bawah ini akan dijelaskan tentang informasi atau berita terkait dengan otomotif di Kota Palu. Silakan disimak terutama bagi pembaca yang tidak ingin ketinggalan seputar berita otomotif di Palu. Ini kabar yang dimaksud:

1. Gempa Palu Donggala, Kirim Berita Duka untuk Industri Otomotif Indonesia

Terjadinya gempa bumi Palu Donggala dianggap mengirim duka untuk otomotif Indonesia. Bahkan, analis menyatakan terjadinya gempa 7,7 SR yang menghantam Sulawesi Tengah ini benar-benar membawa kabar duka terhadap perkembangan usaha otomotif di tanah air. 

Menurut informasi yang beredar, gempa di Palu menghilangkan ratusan nyawa tidak berdosa. Tepatnya 832 orang dinyatakan meninggal yang didasarkan pada riset data milik BNPB. Sedangkan dua orang korban merupakan karyawan dari Nissan Motor Indonesia atau NMI. 

Dua orang karyawan NMI yang turut menjadi korban adalah Agus Nugraha yang bertugas sebagai Kacab Dealer Nissan Palu. Sedangkan korban kedua adalah Agiel Septiansyah yang bertugas sebagai sales NMI. 

Pihak Nissan sendiri tidak mengetahui secara pasti perihal kematian dua karyawannya. Namun para petinggi tetap memberikan ucapan bela sungkawa yang sebesar-besarnya terutama kepada keluarga yang ditinggalkan. 

Sedangkan mengenai kerusakan kantor dan dealer juga masih dalam taraf pemeriksaan. Paling tidak pihak Nissan senantiasa melakukan evaluasi secara intensif termasuk melakukan perencanaan perbaikan terhadap detil bangunan yang rusak. 

2. Penjualan Mobil Indonesia Menurun Akibat Covid 19

Pada bulan Maret 2020, Indonesia diguncang oleh pandemi covid 19 yang berhasil merusak tatanan usaha termasuk otomotif. Bahkan, pasaran mobil di Palu Indonesia di bulan tersebut menurun drastis dan hanya bisa menjual sebanyak 76.800 unit mobil saja. 

Padahal, pada bulan Februari 2020 penjualan mobil Indonesia cukup stabil dan berada di kisaran 79.601 mobil yang terjual. Nah, jika dianalisis dari kalkulasi ini, maka penurunan penjualan bulan Maret mencapai 3,5% yang merupakan persentase yang cukup meresahkan. 

Persentase penurunan penjualan mobil di Indonesia semakin parah jika diasosiasikan dengan data Maret 2019. Yang mana di kala itu, perusahaan otomotif berhasil menjual mobil hingga 90.368 unit. Berarti dari periode tersebut penurunan penjualan Maret 2020 mencapai 15%.

Penurunan penjualan mobil Indonesia ini tidak hanya berlaku untuk branding tertentu saja. Tetapi banyak perusahaan otomotif yang memang merasa mendapatkan penurunan omzet penjualan mobil pasca terjadinya covid 19. 

Baca juga: Vivo V20 Mengusung Kamera Selfie 44 Megapiksel Dengan Teknologi Eye Autofocus

3. Layanan Dealer Mobil Palu Lumpuh Pasca Tsunami

Beberapa tahun yang lalu Kota Palu sempat diguncang gempa dan tsunami yang luar biasa. Bahkan, bencana ini berhasil meruntuhkan sendi-sendi bisnis di Palu termasuk lumpuhnya pelayanan penjualan mobil di dealer yang terimbas. 

Penyebab lumpuhnya pelayanan jual beli mobil di Palu adalah banyaknya gedung dan kantor dealer yang rusak. Bahkan jumlah unit kendaraan yang rusak akibat tertimbun reruntuhan juga sangat banyak. 

Menurut salah satu petinggi Astra Daihatsu Motor yaitu Amelia Tjandra, kantor dealer yang nyata-nyata menghentikan layanan transaksi ada dua. Semuanya dinyatakan rusak parah akibat gempa yang berkekuatan sangat besar. 

Pelayanan jual beli mobil Yamaha juga mendapatkan imbasnya yang diakui oleh petinggi YIMM atau Yamaha Indonesia Motor Manufacturing. Bahkan, ada pengakuan kalau penjualan Yamaha di tahun tersebut benar-benar sangat terhambat. 

4. AISI Berikan Pelatihan Teknik Otomotif Kepada Warga Palu

AISI atau Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia menyelenggarakan kelas pelatihan sejenis diklat teknik otomotif untuk masyarakat di Sulteng. Acara yang dijalankan dengan bekerjasama bersama Kementerian perindustrian ini dilaksanakan di Kota Palu.

Tujuan dari pelatihan ini adalah untuk memberikan bantuan kepada masyarakat dalam bentuk keterampilan-keterampilan yang bagus. Terutama bagi kalangan kreatif dan pencinta otomotif yang di kemudian hari keterampilan tersebut bisa digunakan untuk mencari lapangan kerja. 

Selain itu, pelatihan juga diberikan semata agar masyarakat Kota Palu memiliki inisiatif untuk membangun usaha sendiri. Termasuk memupuk jiwa mandiri supaya mereka bisa menjadi pengusaha otomotif yang produktif nantinya. 

5. Tiga Jawara Cross Asing Hadir di Palu

Pada tahun 2012 di Kota Palu diselenggarakan lomba motor cross. Menurut kabarnya pada laga tersebut dimeriahkan oleh tiga pembalap dari luar negeri yang cukup piawai dan profesional. 

Tiga pembalap asing ini berasal dari negeri yang berbeda-beda namun tetap memiliki antusiasme tinggi terhadap olahraga otomotif. Pembalap pertama adalah Josh Mosiman yang datang dari Amerika Serikat sedangkan Jay Archer dan Nick Murray berasal dari Australia. 

Itulah kabar berita otomotif yang sempat beredar di Kota Palu. Semoga informasi ini bisa menjadi tambahan informasi untuk Anda terutama para pencinta otomotif di dalam negeri. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *