Laboratorium Ramah Lingkugan Dengan Adanya IPAL

Laboratorium rumah sakit, puskesmas, dan lainnya rata-rata menghasilkan cukup banyak limbah per bulan. Oleh sebab itu, diperlukan suatu instalasi untuk mengolah air limbah yang dinamakan IPAL. IPAL atau Instalasi Pengolahan Air Limbah Laboratorium ini menjadi standar ideal yang wajib dipenuhi.

Khususnya, laboratorium yang menghasilkan limbah dengan kandungan zat kimia tinggi. Apabila dibuang begitu saja ke tanah dan sungai tentu berbahaya bagi makhluk hidup dan lingkungan. Jadi dengan dibangunnya sistem pengolahan limbah, hasil buangan akhir dari limbah menjadi tidak berbahaya dan lebih ramah lingkungan. IPAL membuat proses pengolahan limbah menjadi lebih efesien dan efektif.

Apa itu IPAL?

Mungkin sebagian besar orang awam tidak begitu familiar dengan IPAL beserta mekanisme dan perawatannya. IPAL ini menyediakan sistem pembuangan yang konvensional serta dapat digunakan selama puluhan tahun. Sehingga tidak perlu kerepotan melakukan penggantian dalam jangka waktu pendek.

Banyak orang percaya bahwa IPAL adalah solusi pengolahan limbah terbaik hingga kini. Dimana IPAL memanfaatkan mikroorganisme agar dapat mengurai dan memproses limbah menjadi hasil pembuangan yang ramah lingkungan. IPAL Laboratorium juga diakui pemerintah karena hasil buangan dari limbah memenuhi standar baku yang telah ditetapkan.

Efektifitas penggunaan IPAL terbukti dari sistem yang dirancang dengan khusus. Alhasil, limbah dapat diolah dengan natural, selanjutnya baru disalurkan menuju pembuangan akhir dengan batas standar keamanan.

Dalam pengoperasiannya, IPAL memiliki beberapa fungsi. Contoh baik digunakan untuk penampungan limbah domestik (IPAL Komunal), limbah medis, (IPAL Rumah Sakit), dan lainnya.

IPAL Laboratorium menyediakan sistem pengolahan limbah lebih spesifik terhadap limbah medis. Dimana karakteristik limbah medis berbeda dari limbah rumah tangga dan lainnya. Oleh karenanya penanganan limbah ini harus dilakukan dengan hati-hati dan mendetail. 

Bahaya Membuang Limbah Tanpa Pengolahan

Limbah yang dibuang tanpa melalui proses pengolahan akan berbahaya bagi makhluk hidup dan lingkungan. Pembuangan setiap jenis limbah juga memiliki kadar berbahaya masing-masing. Supaya meminimalisir efek samping dan dampak negatifnya maka dibangun sistem IPAL. Berikut ini ulasan bahaya membuang limbah tanpa melalui proses pengolahan yang tepat.

  1. Air limbah dari laboratorium mengandung berbagai bahan kimia berbahaya dan berpotensi beresiko merusak lingkungan. Ada baiknya limbah laboratorium diolah terlebih dahulu sebelum pembuangan dilakukan. Tujuannya agar menghindari polusi lingkungan dan pencemaran.
  2. Air limbah yang tidak diolah berpotensi besar mencemari kualitas air tanah atau pH tanah atau tingkat keasaman. Akhirnya air tanah yang tercemar ini tidak layak digunakan untuk konsumsi sehari-hari.
  3. Air limbah laboratorium yang tidak diolah dengan benar dapat mengakibatkan keracunan bagi lingkungan sekitarnya. Baik itu mematikan tumbuhan, hewan dan menyebabkan kerusakan ekosistem jangka panjang.

IPAL Laboratorium Kimia

IPAL Laboratorium kini hadir menjadi solusi pembuangan limbah agar sesuai standar. Sangat direkomendasikan untuk menggunakan sistem IPAL yang natural sekaligus ramah lingkungan.

Adapun alasan kenapa IPAL laboratorium merupakan pilihan tepat karena adanya sistem biofilter Biona Plus. Sistem ini dikenal paling efektif untuk mengurai limbah pembuangan dari medis secara alami. Banyak yang telah membuktikan manfaatnya bagi lingkungan sekitar dan meminimalisir efek samping menjadi sangat minim. 

Jenis IPAL tersebut juga disinyalir mampu mengolah limbah secara optimal. Terutama penggunaan reaktor Biona Plus yang aman saat pengoperasian. Reaktor juga membuat pengoperasian dan perawatan jauh lebih praktis. Keberadaan mikroorganisme juga diutamakan karena bertugas menguraikan polutan dan menetralisi melalui reaktor yang memiliki biofilter An aerob- Aerob. 

Sehingga, proses pengoperasian berjalan secara alami tanpa melibatkan tambahan bahan kimia lainnya. Hal inilah yang menjadi kriteria mengapa IPAL Laboratorium memenuhi standar mutu pengolahan limbah berbahaya.

Manfaat IPAL Laboratorium

Anda harus memahami apa saja manfaat yang diperoleh dari penggunaan IPAL Laboratorium. Disamping IPAL membuat pengolahan limbah menjadi lebih higienis hingga ke tempat pembuangan. Secara menyeluruh berikut ini beberapa manfaat yang diperoleh:

1. Limbah Ramah Lingkungan 

IPAL sangat membantu dalam menjaga limbah yang berasal dari aktifitas laboratorium agar lebih ramah lingungan. Terutama tidak membahayakan ekosistem sekitar dan menghindari menjadi sumber penyebaran penyakit.

2. Tidak Menimbulkan Efek Samping

Penggunaan IPAL dengan sistem biofilter anaerob aerob juga tidak menimbulkan efek samping. Baik itu terhadap tanah, udara, dan makhluk hidup disekitar pembangunan IPAL.

3. Perawatan Mudah dan Murah

Melihat dari segi perawatannya juga terbilang praktis dan membutuhkan biaya operasional cukup minim. Oleh karenanya pihak rumah sakit dan puskesmas tidak menjadi kewalahan ketika mengoperasikannya.

4. Hemat Lahan

Sistem IPAL yang dilengkapi dengan reaktor Biona Plus juga tidak memakan banyak lahan. Jadi, pembangunan IPAL dapat dilakukan dalam lahan yang minim tanpa mengakibatkan efek samping di masa depan.

5. Kinerja Efektif

Dilihat dari kinerja IPAL juga sangat efektif untuk mengolah berbagai macam limbah dengan komposisi apa saja. Biasanya volume penampungan limbah cukup besar. Disamping itu, dapat menghilangkan padatan tersuspensi secara maksimal dan baik.

Jasa Kontraktor IPAL Toyota Arta Sejahtera

Memasang dan membangun IPAL Laboratorium tentu bukan perkara mudah. Perlu ditangani oleh para ahli yang profesional dan berpengalaman. Untuk itu Toya Arta Sejahtera hadir mengatasi masalah Anda. Sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang konsultan dan kontraktor IPAL, STP, WTP, WWTP. 

Serta melayani pembuatan instalasi untuk pengolahan air limbah domestik, rumah sakit, industri, hingga hotel dan Supplier Chemical IPAL. Memiliki pengalaman membangun IPAL untuk personal, pemerintah, rumah sakit, apartemen, hotel, dan pabrik. 

Informasi lebih lanjut dipersilahkan untuk mengunjungi website resmi Toya Arta Sejahtera. Ruang lingkup wilayah yang dilayani seluruh Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *