Les Private Jakarta atau Bimbel, Lebih Baik Mana?

Bagi para siswa-siswi yang sebentar lagi menghadapi ujian semester, pasti saat ini sudah mulai was-was apakah nanti hasilnya memuaskan atau tidak. Meski sudah belajar dengan tekun, terkadang masih banyak siswa-siswi yang kurang percaya diri dengan kemampuan akademik mereka.

Salah satu solusi yang seringnya dipilih oleh siswa adalah dengan mengikuti tambahan pelajaran, baik di sekolah maupun di luar sekolah. Berbicara soal jam tambahan belajar, les private Jakarta kerap menjadi opsi terbaik, terutama bagi kalangan siswa yang tinggal di Jakarta. 

Keunggulan dan Kelemahan Les Private Jakarta dan Bimbel

Les Private Jakarta atau Bimbel

Namun ada juga yang berpendapat lain. Misal, ada yang lebih memilih untuk ikut program bimbel karena dinilai lebih baik dan lebih berkualitas bila dibandingkan dengan les private Jakarta. Lantas, mana yang lebih baik, les private atau bimbel? Sebenarnya masing-masing memiliki keunggulan dan kelemahannya. 

Ada beberapa keunggulan mengikuti program les private Jakarta; dan berikut keunggulan-keunggulan yang akan kalian dapat apabila join program les private. 

Suasana Belajar yang Kondusif

Salah satu keunggulan dari les private Jakarta adalah suasana belajar yang jauh lebih kondusif sehingga sangat cocok untuk siswa yang memerlukan tingkat konsentrasi tinggi. Suasana yang sama juga sangat cocok untuk siswa yang kurang nyaman belajar di ruang kelas yang ramai. 

Dengan suasana belajar yang lebih private, siswa akan fokus dengan materi yang sedang disampaikan oleh tutor. Dengan melalui program les private Jakarta, siswa tersebut akan menjadi satu-satunya peserta kegiatan belajar. Tutor tentunya juga akan menjadi lebih fokus dalam menyampaikan materi kepada siswa yang bersangkutan. 

Suasana belajar semacam ini sangat baik untuk siswa di mana siswa akan jauh lebih bebas bertanya apa saja yang ingin diketahuinya. Tutor juga dapat lebih siap dengan metode pembelajaran yang kiranya cocok untuk siswanya. Siswa dan tutor juga seakan tidak ada gap yang kemudian menjadikan keduanya seperti partner diskusi, bukan siswa-pengajar. 

Suasana kelas pada les private Jakarta dinilai ideal karena efektif dalam meningkatkan perkembangan akademik siswa. Tak hanya itu, siswa juga akan terlatih untuk dapat mengatur waktu belajar dengan baik.

Kita semua tahu bahwa waktu belajar pada program les private Jakarta sangat fleksibel; biasanya waktu belajar akan disesuaikan dengan jadwal yang sudah disepakati oleh kedua belah pihak, yaitu tutor dan siswa. 

Tutor Berkualitas

Keunggulan lainnya dari les private Jakarta adalah siswa dapat memilih tutor yang sesuai dengan kebutuhannya. Terkadang ada siswa yang lebih menyukai tutor yang mengajar suatu materi pelajaran yang dianalogikan dengan peristiwa yang biasa dijumpai dalam keseharian kita.

Ada juga tutor yang kreatif yang mana ia sering melakukan berbagai percobaan menarik ketika sedang mengajarkan materi-materi Fisika, Kimia, dan Biologi. Nah, metode kegiatan belajar-mengajar semacam ini yang pastinya tidak akan membuat siswa bosan. 

Kelemahan Les Private Jakarta

Lantas, adakah kelemahan dari mengikuti program les private Jakarta? Ada beberapa. Salah satunya adalah siswa peserta les private cenderung kurang bisa bersosialisasi karena suasana kegiatan belajar-mengajar yang private, hanya ada si siswa dan tutor.

Kondisi ini tentu kurang baik untuk pertemanan si siswa. Kesannya, siswa cenderung lebih menjadi pribadi yang individualis. 

Kemudian dari segi biaya, les private Jakarta dinilai lebih mahal bila dibandingkan dengan biaya pada program bimbel. Orang tua siswa harus menyiapkan biaya per pertemuan hanya untuk satu tutor per mata pelajaran.

Belum lagi dalam satu minggu, kegiatan belajar-mengajar dapat berlangsung 2 hingga 3 kali. Tak heran jika banyak orang yang mengatakan bahwa biaya les private memang terkesan lebih mahal. Apalagi untuk mendapatkan tutor yang berkualitas. 

Bimbingan Belajar

Berbeda dengan program les private Jakarta, dalam satu kelas suatu program bimbingan belajar, terdapat 10-15 siswa. Jumlah ini tentu tak sebanyak jumlah dalam satu kelas di sekolah yang bisa mencapai rata-rata 40 siswa.

Bisa dibilang jumlah siswa dalam satu kelas pada suatu program bimbel sangat ideal untuk kegiatan belajar-mengajar. Imbas positifnya adalah kegiatan belajar-mengajar akan kondusif. 

Selain suasana kelas yang kondusif, para siswa pada program bimbel umumnya akan diajarkan menjawab dan mengerjakan soal dengan cara mudah dan cepat.

Caranya yaitu dengan menggunakan rumus-rumus sakti yang akan selalu diajarkan oleh para tutor. Rumus cepat dan mudah ini biasanya diaplikasikan untuk mengerjakan soal-soal Matematika, Fisika, Kimia, dan bahkan Bahasa Inggris. 

Baca Juga : Kelas Offline dan Kelas Online Kampung Inggris, Sama-sama Oke

Hal ini tentu berbeda dengan apa yang diajarkan oleh tutor pada program les private Jakarta dan juga guru di sekolah. Kalian para siswa tentu ingat saat di kelas, guru Matematika, Fisika, dan Kimia sering mengajarkan berbagai rumus dengan proses penyelesaian soal yang begitu panjang dan rumit.

Dan yang pasti dengan mengikuti program bimbingan belajar, sosialisasi dapat terus terjalin antar siswa. Apalagi jika ada kedatangan siswa baru yang bisa kalian jadikan teman belajar yang baru. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *