Rusia adalah negara multinasional, lebih dari seratus orang tinggal di dalamnya. Kebanyakan dari mereka adalah masyarakat adat dan kebangsaan di mana Rusia adalah habitat utama atau bahkan satu-satunya. Selain itu, ada perwakilan lebih dari enam puluh orang yang tempat tinggal utamanya berada di luar Federasi Rusia.

Masyarakat adat Rusia membentuk 93% dari populasi, dimana lebih dari 81% adalah Rusia. Lebih dari 6% populasi adalah orang-orang dari negara asing yang dekat (5%, misalnya, Ukraina, Armenia, dll.) Dan jauh (1%, misalnya, Jerman, Korea, dll.).

Para ahli etnografi menyatukan masyarakat adat Rusia ke dalam beberapa kelompok regional, dekat tidak hanya secara geografis, tetapi, sampai batas tertentu, secara budaya-historis. Orang-orang Volga dan Ural – Bashkirs, Kalmyks, Komi, Mari, Mordovians, Tatar, Udmurts, dan Chuvashs – merupakan kurang dari 8% populasi negara (hampir 4% dari Tatar adalah orang Rusia terbesar kedua). Agama tradisional Tatar dan Bashkirs adalah Islam, Kalmyks adalah Buddhisme, sisanya adalah Ortodoksi.

Orang-orang Kaukasus Utara: Abazin, Adyghes, Balkar, Ingush, Kabardin, Karachais, Ossetia, Sirkasia, Chechen, orang-orang Dagestan (Avar, Agul, Dargin, Kumyks, Laks, Lezghins, Nogais, Rutuls, Tabasaran dan kurang dari 3 % -) populasi Rusia. Selain kebanyakan orang Ossetia – Kristen, mereka secara tradisional mengaku Islam.

Orang-orang Siberia dan Utara – Altaians, Buryat, Tuvans, Khakasses, Shors, Yakuts dan hampir tiga lusin yang disebut masyarakat adat kecil di Utara – ini adalah 0,6% dari total populasi negara itu. Buryat dan Tuvans adalah penganut Buddha, sisanya adalah Ortodoks, dengan sisa-sisa paganisme yang kuat dan hanya

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *