Mengenal Konstruksi Baja Berat Sebelum Menerapkannya

Konstruksi baja berat menjadi bahan struktur utama yang sudah dimulai abad 19 saat metode untuk mengolah baja yang lebih murah terus dikembangkan dalam skala besar-besaran. Baja adalah bahan yang memiliki sifat struktur yang begitu baik. Dari segi kekuatan dan ketahanan, baja juga yang paling atas.

Tidak heran karena kekuatannya tidak bisa dipengaruhi oleh tekanan dan tarikan yang sangat akrab ketika membangun. Karena alasan ini tidak heran jika baja menjadi elemen struktur yang mempunyai batasan sempurna yang menahan beban tarik aksial, tekanan aksial dan juga lentur dengan fasilitas sama.

Berat baja memang agak tinggi tapi ini sepadan denganĀ  kekuatan dan kualiatas yang diberikan. Jadi tidak heran jika konstruksi baja berat tidak terlalu berat apabila dihubungkan dengan kapasitas muat beban yang ia miliki. Selama bentuk struktur yang ia memiliki efisien dan sepadan.

Di samping memiliki kekuatan yang besar untuk menahan tarik dan tekanan tabnpa banyak volume, baja mempunyai sifat yang begitu menguntungkan. Sifat ini dirangkum menjadi keuntungan atau keunggulan dari konstruksi baja itu sendiri. Adapun keunggulannya sebagai berikut

Memiliki Kekuatan Yang Tinggi

Dewasa ini baja dapat diproduksi dengan kekuatan yang beragam dan bisa dinyatakan dengan tegangan tekan leleh atau tegangan tarik batas. Kekuatan baja tersebut bisa disesuaikan dengan kebutuhan bangunan seperti apa yanjg diinginkan. Alhasil konstruksi baja berat terbaik semakin kokoh dan sepadan dengan hasil yang didapat di kemudian hari.

Baja yang paling rendah kualitasnya sekalipun tetap memiliki perbandingan kekuatan per volume yang sangat tinggi jika dibanding dengan bahan bangunan lain yang sering dipakai saat ini. ini alasan kenapa saat Anda membeli baja dengan kekuatan yang rendah sekalipun, Anda tidak akan rugi.

Dengan kekuatan yang tinggi ini, konstruksi baja berat dapat memiliki beban mati yang lebih rendah untuk bentang yang panjang. Dengan begitu, konstruksi in memberi kelebihan volume dan ruang yang bisa dimanfaatkan akibat langsingnya profil yang dipakai. Kekuatan inilah yang menjadikannya menjadi material bangunan paling direkomendasikan.

Memiliki Pemasangan Yang Mudah

Semua bagian baja yang ingin dibangun dalam konstruksi baja bisa dipersiapkan dengan mudah di bengkel khusus. Dengan begitu setiap kegiatan yang nanti dilakukan di lapangan bisa dimatangkan dengan baik. Khususnya untuk pemasangan setiap bagian dari konstruksi baja itu sendiri. Jika konstruksinya tidak bagus, tentu hasilnya juga buruk.

Sebagian besar komponen konstruksi baja berat yang ada di suatu bangunan memiliki bentuk yang standar dan siap untuk digunakan. Semua komponen tersebut bahkan bisa didapat di toko besi sehingga wkatu untuk membuat bagian konstruksi baja tersebut lebih cepat dan ada waktu tersendiri.

Tak hanya itu, pemasangannya juga tidak ribet untuk dilakukan, bahkan oleh pemula sekalipun (tapi dengan prosedur khusus). Tidak heran karena konstruksi baja memiliki bentuk yang sangat standar serta sifat tertentu dan mudah didapatkan di mana saja sesuai keinginan penggunanya. Penggunananya juga cocok untuk kebutuhan pembangunan apapun.

Sangat Beragam

Sifat baja itu berbeda dengan material bangunan lainnya yang ada di pasaran. Pasalnya material yang diterapkan dalam konstruksi baja berat ini memiliki sttuktur yang bisa dikenalikan dengan sangat baik sehingga cenderung tidak merepotkan para penggunanya. Keberagaman ini yang membuat baja berat lebih unggul dibanding konstruksi lainnya.

Dengan begitu para ahli bisa mengharapkan elemen konstruksi baja yang perilakunya sesuai dengan perkiraan yang telah direncakan sebelumnya. Dengan begitu, pembangunan bisa lebih hemat biaya. Biasanya ada simulasi atau rincian biaya yang sudah disediakan oleh kontraktor. Biayanya tidak terlalu melenceng jauh./

Pasalnya tidak ada pemborosan yang biasanya digunakan untuk material yang tidak pasti. Dari segi harga, konstruksi baja berat murah juga lebih terjangkau dan paling stabil di pasaran. Tentu jika dibandingkan dengan kualitas material lainnya. Dengan begitu, Anda bisa menyesuaikannya dengan biaya pembangunan itu sendiri.

Punya Sifat Daktilitas Yang Bagus

Sifat baja sendiri bisa mengalami deformasi yang begitu besar di bawah pengaruh tegangan tarik yang sangat tinggi tanpa adanya kehancuran. Istilah ini dikenal dengan sebutan daktilitas. Dalam pembangunan, sifat ini sangatlah penting. Sifat ini membuat struktur baja bisa mencegah terjadinya kerobohan sewaktu-waktu ketika proses konstruksi.

Tentu saja sifat konstruksi baja berat yang seperti ini akan sangat membantu para pembangunnya. Khususnya untuk keamanan ketika atau saat setelah konstruksi selesai. Di Indonesia sendiri sering terjadi guncangan yang disebabkan karena gempa. Tidak heran keunggulan yang satu ini sangat dibutuhkan.

Sifat daktilitas dari baja berat juga dibutuhkan di beberapa bangunan yang dibangun di lereng gunung. Biasanya bagian tanah atau pondasi kurang stabil dan rawan adanya pergeseran. Nah, di sini sifat dari kontruksi ini dibutuhkan. Dimana membuat konstruksi tidak mudah bergeser dari pondasi.

Baca juga: Berita Sedot WC Jakarta Selatan Ter-Hits

Keunggulan Konstruksi Baja Berat Lainnya

Di samping keunggulan-keunggulan yang sudah kami bahas di awal, masih banyak keunggulan lain yang ditawarkan dari konstruksi ini. Jadi sangat wajar jika konstruksi yang dibuat dari bahan baja berat sangat populer karena berbagai alasan. Untuk keunggulan konstruksi baja lainnya bisa simak daftarnya berikut:

  1. Proses pemasangan konstruksi di lapangan bisa dilakukan dengan cepat sehingga tidak memakan biaya dan waktu yang lebih besar
  2. Konstruksi baja juga bisa di las sesuai dengan kebutuhan bangunan seperti apa yang diinginkan. Inilah yang membuat konstruksi lebih rapi dan bisa digunakan di semua bangunan.
  3. Setiap komponen yang telah dibentuk dari strukstur konstruksi juga bisa dipakai untuk keperluan lainnya. tidak heran jika lebih hemat biaya karena jika ada komponen yang tersisa bisa dipakai untuk yang lainnya
  4. Keunggulan konstruksi baja berat yang satu ini sebenarnya masih ada hubungan dengan yang sebelumnya. Namun secara rinci, komponen yang tidak dipakai dari strukstur bisa digunakan karena memiliki nilai untuk besi tua. Bahkan banyak bangunan yang dibangun dari sisa konstruksi baja ini/
  5. Setelah jadi, konstruksi baja tidak membutuhkan pemeliharaan yang sulit. Pasalnya memang sangat simple dan tidak seribet konstruksi yang dibuat dari material bangunan lainnya

Kelemahan Konstruksi Bahan Baja

Selain ada kelemahan, untuk mengenali konstruksi baja lebih mendalam, Anda juga harus tahu berbagai kelemahannya. Jadi bisa mengantisipasi hal-hal buruk yang akan tiba di kemudian hari. Berikut kelemahannya

  1. Komponen struktur yang dibuat dari bahan baja umumnya perlu diusahakan tahan api karena menyesuaikan prosedur yang sudah ada
  2. Dibutuhkan biaya harga pemeliharaan jangka panjang agar mencegah baja dari karatan yang bisa mempengaruhi konstruksi
  3. Karena memiliki sifat menahan tekukan di bagian batang yang langsing, baja tidak bisa mencegah pergeseran horizontal

Semoga dengan informasi keunggulan dan kelemahan dari konstruksi baja berat ini, Anda bisa lebih mengenal konstruksi ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *