Connect with us

Hi, what are you looking for?

Uncategorized

Mengenal Troli Dalam Dunia Kesehatan

Mengenal Troli Dalam Dunia Kesehatan

Bukan menjadi rahasia lagi bahwa kegiatan yang berlangsung di setiap rumah sakit di daerah manapun memang sangat padat. Banyaknya pasien dengan berbagai keluhan berbeda menggantungkan nasib dan hidupnya di rumah sakit. Berbagai upaya pun dilakukan oleh pihak rumah sakit untuk melayani keluhan masyarakat setempat. Mulai dari keluhan yang ringan dan sederhana, hingga penyakit komplikasi yang membutuhkan kecepatan penanganan ekstra. Hari ini, kita akan membahas troli dalam dunia kesehatan.

Seringkali, keadaan darurat terjadi tanpa aba-aba. Ketika kejadian ini berlangsung, tentunya dibutuhkan tenaga kesehatan yang professional dan terlatih dalam menanganinya. Hal ini bertujuan agar semua kegiatan yang berlangsung di rumah sakit tetap dalam keadaan aman terkendali dan tidak adanya kendala.

Dengan keadaan yang selalu padat inii, maka dibutuhkan alat yang dapat mempercepat kerja tenaga medis dalam memanfaatkan waktu dengan efisien. Alat yang dapat mempermudah pekerjaan agar semua keluhan yang ditampung dapat ditindaklanjuti oleh pihak rumah sakit. Salah satu alat yang dapat memenuhi fungsi yang dibutuhkan ini adalah troli.

Troli atau trolley sudah menjadi kata yang tidak asing lagi, bahkan juga untuk masyarakat awam yang tidak berkecimpung di dunia medis. Pasalnya alat bernama troli ini tidak hanya digunakan dalam dunia kesehatan, namun juga dalam kegiatan sehari-hari. Fungsi alat ini secara umum adalah untuk mempermudah kerja masyarakat dalam pemindahan barang dari suatu tempat ke tempat lainnya. Alat ini biasa ditemukan di berbagai tempat umum. Seperti saat pergi ke pasar modern atau swalayan, kita biasa menemukan troli belanja. Troli jenis ini dapat membantu kita membawa barang belanjaan yang akan kita beli dan mempermudah mobilitas kita.

Pada artikel kali ini, kita akan mengupas tuntas mengenai jenis-jenis troli dalam dunia kesehatan beserta fungsi dan pemakaiannya. Yuk, langsung saja kita simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

Emergency Trolley

Emergency trolley atau troli darurat merupakan jenis troli dalam dunia kesehatan yang digunakan dalam keadaan gawat darurat. Troli darurat ini biasa ditemukan dalam ruangan ICU (Intensive Care Unit) dan ruangan gawat darurat lainnya. Tidak jarang juga, troli darurat ini dapat kita temukan di ruangan khusus bedah.  

Emergency trolley ini berisi berbagai macam peralatan dan juga obat-obatan.Troli ini dinamakan troli darurat karena biasanya digunakan ketika akan menangani seseorang yang membutuhkan pertolongan segera dari pihak rumah sakit. Serangan mendadak dan keadaan genting secara tiba-tiba adalah contoh dari beberapa keadaan darurat rumah sakit yang membutuhkan penanganan cepat.

Berbagai macam alat gawat darurat seperti jarum bedah, obat anestesi, dan juga tabung oksigen tersedia dalam emergency trolley ini.

Emergency trolley ini biasanya terbuat dari bahan dasar stainless steel, sehingga proses mobilitasnya pun terbilang mudah dan cepat.  Selain itu, alat ini juga tentunya tahan karat dan tetap kuat serta kokoh. Sehingga tetap aman untuk menopang semua peralatan medis dan obat yang terdapat di dalamnya. Emergency trolley merupakan salah satu peralatan medis yang wajib dimiliki oleh setiap rumah sakit. Hal ini dikarenakan alat ini biasanya digunakan dalam penilaian akreditasi rumah sakit.

Salah satu alat yang terdapat dalam troli darurat ini adalah defibrillator. Alat ini biasa digunakan tenaga medis untuk mengontrol detak atau ritme jantung seorang pasien. Serta juga dapat digunakan untuk mengembalikan detak jantung pasien sehingga normal kembali. Ada pula alat yang dinamakan bag valve mask. Alat ini digunakan untuk memompa oksigen dari udara bebas untuk membantu pernapasan seorang pasien. Sehingga pasien dapat bernapas dengan normal kembali menggunakan masker yang diberikan.

Selain itu ada pula laryngoscope. Dalam Bahasa Indonesia dikenal dengan laringoskopi. Alat ini biasa digunakan para tenaga medis untuk melihat pita glotis seorang pasien. Itulah beberapa macam alat dari keseluruhan peralatan medis dan obat yang terdapat di dalam emergency trolley ini.

Instrument Trolley

Jenis troli dalam dunia kesehatan yang akan kita ulas selanjutnya adalah instrument trolley. Troli jenis ini biasa dikenal juga dengan sebutan meja instrument, karena bentuknya yang sederhana dan mirip dengan meja. Jenis troli ini biasa digunakan untuk meletakkan sekaligus membawa peralatan medis yang digunakan dalam kegiatan tertentu yang terencana. Seperti misalnya pada tindakan pembedahan, atau pengecekan kondisi pasien, dan sejumlah tindakan terencana lainnya.

Oleh karena itu, alat-alat yang diletakkan dan diangkut oleh instrument trolley biasanya disediakan dahulu sebelum tindakan dimulai. Beberapa contoh alat yang biasa dibawa dengan instrument trolley ini adalah berbagai macam gunting bedah, pisau bedah, dan juga pinset. Jarum dan benang jahit juga dapat dibawa dengan menggunakan alat ini. Berbagai peralatan untuk membalut dan menjahit luka juga dapat diletakkan pada instrument trolley ini. Serta berbagai macam alat bedah kecil dan alat medis sederhana lainnya. Dikarenakan desain dari instrument trolley yang sederhana, alat ini dapat digunakan pula dalam keadaan genting atau darurat.

Instrument trolley biasanya terbuat dari bahan stainless steel. Sehingga tahan air dan tidak akan berkarat. Troli ini juga sifatnya kuat dan kokoh sehingga aman digunakan untuk membawa sejumlah peralatan medis yang dibutuhkan. Biasanya, bagian meja dari troli ini terbuat dari kaca. Sehingga, harus digunakan dengan hati-hati agar kaca tersebut tidak pecah dan melukai para tenaga medis. Namun ada juga beberapa desain troli yang mejanya terbuat dari bahan stainless steel. Dan dalam satu unit instrument trolley, terdapat satu tingkat hingga tiga tingkat meja instrumen. Tidak hanya itu saja, ada pula desain troli jenis ini yang memiliki laci. Sehingga dapat memuat dan menyimpan lebih banyak peralatan medis dalam sekali bergerak.

Troli Obat

Kita beralih ke jenis troli dalam dunia kesehatan selanjutnya yaitu troli obat. Dari namanya, sudah dapat langsung diketahui bahwa fungsi utama dari troli ini berhubungan dengan mobilitas obat-obatan. Namun ternyata fungsi dari troli obat ini bukan hanya itu saja. Troli obat biasa digunakan oleh para tenaga medis dan perawat untuk menyimpan obat-obatan agar terhindar dari virus dan bakteri. Hal ini dikarenakan ada beberapa jenis obat yang harus disimpan dengan baik agar tetap steril. Maka, selain berfungsi untuk mobilitas obat, troli obat ini dapat berfungsi sebagai tempat penyimpanan juga.

Troli ini biasa ditemukan dalam berbagai ruangan operasi bedah kecil maupun besar. Troli obat ini dapat digunakan untuk menyimpan berbagai jenis obat anestesi untuk operasi yang diketahui bersifat sensitif terhadap udara luar. Tidak hanya itu, troli ini juga dapat digunakan untuk mengantarkan obat-obatan dalam jumlah besar ke pasien di tempat yang berbeda-beda. Pemakaiannya hanya dengan menyusun obat-obatan dan peralatan medis lainnya lalu mengantarnya dengan cara mendorong troli obat ini.

Cara menyusun obat-obatan dalam troli obat ini tergolong sederhana dan mudah untuk dipraktekkan. Yaitu dengan cara mengelompokkan masing-masing jenis obat dalam satu tempat yang sama, meskipun untuk pasien yang berbeda. Hal ini bertujuan agar tidak terjadi salah pemberian obat pada pasien yang dapat mengakibatkan kejadian fatal.

Bahan dasar pembuat troli obat ini umumnya adalah plastik ABS (Acrylonitrile Butadiene Styrene). Sementara pada bagian frame nya terbuat dari bahan aluminium sehingga ringan namun tetap kokoh dan aman saat digunakan. Bentuk dari troli ini cukup sederhana, yaitu seperti laci-laci tertutup sehingga penyimpanan obat-obatan akan selalu terjaga dengan baik. Hal ini bertujuan agar tidak terjadi kerusakan pada obat saat diantarkan, serta tidak tercampur karena adanya sekat yang sangat aman. Selain itu di laci bawah para tenaga medis juga dapat menyimpan sejumlah obat berbentuk cairan ataupun alat medis lain.

Dressing Trolley

Jenis troli dalam dunia kesehatan yang selanjutnya akan kita bahas adalah dressing trolley. Troli ini secara umum berfungsi untuk membantu membawa peralatan medis yang berguna dalam proses membersihkan tubuh para pasien rumah sakit. Troli ini dapat memuat berbagai peralatan medis dan juga dua buah waskom. Dressing trolley biasa diisi dengan peralatan yang digunakan untuk membersihkan luka, menjahit luka, dan juga menutup luka.

Waskom merupakan salah satu alat medis yang digunakan untuk tempat menaruh air atau cairan antiseptik saat membersihkan tubuh pasien. Waskom berfungsi sebagai alat bantu dalam prosedur memandikan pasien rawat inap maupun membersihkan bagian tubuh pasien rawat jalan. Biasanya dalam prosedur memandikan pasien, salah satu waskom diisi air hangat dan waskom lainnya diisi oleh air dingin. Tidak hanya itu, harus disiapkan pula pakaian ganti, kain penutup, handuk besar, dan handuk kecil untuk mengeringkan badan. Tidak lupa juga menyiapkan sarung tangan pengusap, sabun mandi, serta tempat untuk pakaian kotor pasien.

Bentuk dari waskom ini seperti mangkok besar yang terbuat dari stainless steel. Sehingga mudah untuk dicuci kembali setelah penggunaan. Waskom juga dapat digunakan untuk menampung berbagai cairan lain serta dapat menjadi wadah untuk peralatan dalam prosedur pembedahan.

Bentuk dari dressing trolley sendiri secara umum terdapat beberapa tingkat laci sebagai wadah peralatan medis. Selain itu, ada pula dua tempat meletakkan waskom. Alat ini juga dilengkapi dengan empat roda yang mempermudah mobilitasnya.

Karena terbuat dari stainless steel, maka troli ini sangat mudah untuk dibersihkan bila terdapat noda atau kotoran. Selain itu, bobotnya juga menjadi lebih ringan dan dapat mempermudah pergerakan alat ini. Tidak hanya itu, dressing trolley juga sangat kokoh dan kuat. Untuk menggerakkan alat ini, cukup mendorongnya saja dan alat ini pun akan berjalan kencang menuju ke ruangan tujuan.

Troli Makanan

Jenis troli dalam dunia kesehatan yang akan kita bahas selanjutnya adalah troli makanan. Tentu kita sudah mengetahui secara garis besar apa yang dimaksud dengan troli makanan ini. Ya, troli makanan sesuai dengan namanya adalah troli yang biasa digunakan oleh para tenaga medis untuk mengantarkan makanan kepada pasien.

Bentuk umum troli ini ada dua macam. Yaitu troli makanan biasa dan troli makanan yang dilengkapi dengan sistem penghangat. Troli makanan biasa terbuat dari stainless steel yang ringan dan tidak mudah berkarat. Bentuk dari troli ini terbilang sederhana, yaitu memiliki satu tingkatan hingga dua tingkatan meja sebagai tempat untuk meletakkan makanan. Dapat digerakkan dengan cara didorong karena memiliki roda pada bagian kaki dari troli.

Sedangkan troli makanan yang dilengkapi dengan sistem penghangat sedikit berbeda. Troli ini dikenal pula dengan istilah troli gizi pada dunia kesehatan. Umumnya, makanan yang terdapat di rumah sakit memiliki rasa yang cenderung hambar, namun kaya akan nutrisi. Pada troli ini, kadar gizi pada makanan akan tetap terjaga dengan baik. Tidak hanya itu, karena dilengkapi dengan penghangat, maka makanan yang berada di dalam troli ini memiliki suhu yang optimal. Tentunya kebersihan makanan dan troli makanan ini juga terjaga dengan baik.

Troli makanan dengan sistem penghangat ini juga terbuat dari stainless steel. Sehingga aman untuk digunakan dan yang pasti tidak akan mempengaruhi kualitas dari makanan yang telah disajikan. Bentuk umum dari troli ini adalah seperti lemari kecil yang disertai penutup dan dapat didorong kemana saja. Hal ini memungkinkan makanan tetap dalam kondisi hangat saat sampai kepada para pasien rumah sakit.

Troli makanan dengan sistem penghangat ini biasanya tersedia dalam dua jenis. Ada yang hanya mampu menampung 16 nampan saja, namun ada pula yang mampu menampung hingga mencapai 32 nampan. Setiap nampan berisi makanan dapat dimasukkan ke dalam ruang yang tersedia dalam troli makanan dengan sistem penghangat ini.

Bedpan and Urinal Trolley

Bedpan adalah sebuah alat yang digunakan untuk membantu pasien yang ingin BAB (Buang Air Besar) namun tidak diperbolehkan ke toilet. Sedangkan Urinal adalah alat yang digunakan untuk membantu pasien yang ingin BAK (Buang Air Kecil) namun tidak diperbolehkan ke toilet. Selain itu, urinal juga kerap digunakan untuk membantu para lansia yang memiliki keluhan susah untuk berjalan ke kamar mandi. Urinal dan juga bedpan ini disarankan untuk digunakan bagi para pasien yang baru saja selesai menjalani prosedur operasi berat. Juga bagi lansia yang menderita penyakit seperti stroke, dan penyakit berat lainnya yang mengharuskan mereka untuk tetap tidur di bed pasien.

 Secara umum, dalam dunia medis dikenal dua jenis urinal. Yaitu urinal for male dan juga urinal for female. Urinal for male ditujukan khusus untuk proses perkemihan para pasien dengan jenis kelamin pria. Sedangkan urinal for female ditujukan khusus untuk proses perkemihan para pasien dengan jenis kelamin wanita.

Urinal dan bedpan secara umum terbuat dari bahan dasar plastik, sehingga ringan dan mudah dibersihkan kembali. Selain itu, terdapat juga pegangan pada sisi atas urinal yang dapat mempermudah cara pemakaian benda tersebut. Kedua alat ini umumnya tersedia dalam berbagai macam warna dan bentuk. Namun yang pasti, fungsi utamanya tetaplah sama.

 Untuk mempermudah pengantaran kedua alat ini, maka diciptakanlah sebuah troli yang dikenal dengan nama Bedpan Trolley atau Urinal Trolley. Troli dalam dunia kesehatan jenis ini dapat mengangkut kedua alat di atas secara bersamaan demi menghemat waktu yang tersedia. Bedpan and urinal trolley ini terbuat dari bahan dasar stainless steel. Sehingga ringan dan mempermudah mobilitas alat ini. Bentuknya juga sederhana dan tetap kokoh untuk menopang alat yang dibawanya.

Demikianlah ulasan mengenai berbagai macam troli dalam dunia kesehatan yang dibahas pada artikel kali ini. Semoga segala informasi dapat membantu para pembaca. Dan hendaknya kita selalu menjaga dan melestarikan alat-alat kesehatan tersebut dengan sepenuh hati.

You May Also Like

Bisnis

Cari distributor Jual Geotextile Non Woven berkualitas dengan harga murah? CV Mega Abadi Perkasa adalah salah satu pilihan terbaik yang dapat anda pilih. Untuk...

Bisnis

Berita terbaru mengenai smartphone menjadi semakin viral dan selalu menjadi topik utam dalam media berita selama bertahun-tahun karena berbisnis smartphone kini telah menjadi bisnis...

Games

Kini banyak orang menjadi pecinta permainan poker online. Mulai dari anak remaja, kuliahan, pegawai kantoran, hingga pengusaha. Pemain poker tidak dibatasi oleh usia, asalkan...

Sticky Post

SEO, secara umum, memang tidak mudah. Namun, SEO untuk situs judi online – untuk taruhan olahraga, togel, poker atau situs judi online – atau...