Panduan/Cara Membangun Backlink Berkualitas

Semuanya ada di backlink – itulah yang selalu saya katakan. Kuantitas yang cukup dengan kualitas yang tepat adalah perpaduan sempurna. Tapi bagaimana cara membangun backlink berkualitas yang dapat meningkatkan SEO?

Pertanyaan itu, akan kita jawab disini.

Jika Anda tidak siap berinvestasi menggunakan penyedia Jasa Backlink profesional, maka tahapan atau langkang-langkah cara membuat backlink ini dapat menjadi refrensi Anda.

Kita semua tahu bahwa, seratus backlink berkualitas, lebih baik dari 10.000 backlink buruk yang mengandung SPAM. Tapi, bagaimana tepatnya Anda bisa tahu? Di mana garis pemisah antara ‘backlink berkualitas‘ dan ‘tidak berkualitas’?

Berikut adalah daftar lengkap faktor-faktor nilai yang menentukan kualitas sebuah backlink. Atau metrik. Atau apa pun yang Anda suka menyebutnya.

Apa itu syarat backlink yang berkualitas baik?

Ada beberapa cara untuk menggambarnya. Salah satunya adalah memeriksa profil backlink itu sendiri. Atau pesaing Anda.

Dengan beberapa alat pintar berupa backlink checker yang mudah digunakan seperti SEMrush Backlink Analytics.

Anda cukup memasukkan URL domain yang ingin dianalisis ke bilah pencarian, lalu tekan tombol “Periksa” atau enter. Selanjutnya semua berjalan otomatis. Algoritma dari alat yang digunakan akan mengumpulkan data base seluruh website di dunia. Memeriksa seluruh situs yang mungkin memberi backlink pada situs Anda.

Hebat bukan?

Dan dapatkan satu set laporan. Dimana akan menampilkan data eksplisit tentang jumlah backlink, merujuk domain, dan merujuk IP ke domain itu sendiri.

Dari laporan ini, Anda dapat mempelajari tentang jenis (bentuk, bingkai, atau gambar), teks jangkar, tingkat kepercayaan (trust), halaman host (Skor Otoritas), apakah tautannya do follow / no follow, dan banyak lagi.

Dalam panduan cara membangun backlink berkualitas ini, kita akan banyak berbicara tentang istilah. Maka dari itu, kita perlu menyatukan persepsi. Karena bisa saja istilah nya beda namun menyebut sesuatu yang sama. Atau sebaliknya.

Pertama mari kita tentukan beberapa istilah. Saya akan menggunakan istilah ‘ Host Page’ untuk halaman-halaman, tempat saya berniat untuk mendapatkan backlink dan ‘Host Site’ untuk menggambarkan seluruh situs. Atau domain tempat akan mendapat backlink.

Begini:

  • Linking Page = Host Page = Tautan Halaman
  • Linking Site = Host Site = Tautan Situs

Berikutnya adalah penilaian. Untuk memudahkan Anda, saya akan mengurai, nilai atau bobot masing-masing faktor pada skala 1 – 10. 10 adalah yang tertinggi.

Mengerti? Baik. Kita mulai..

Daftar singkat tentang cara menilai kualitas backlink:

  • Domain Authority (Otoritas Domain)
  • Link Placement (Halaman penempatan backlink)
  • User Engagement (Keterlibatan pengguna)
  • Internal Links (Tautan internal)
  • Host Page’s Quality (Kualitas halaman host)
  • Spam Score / Spam Signals (Cukup jelas)
  • Author Rank (Peringkat Penulis)
  • Host Page’s Topical Authority (Otoritas topical halaman di website)
  • Follow vs Nofollow (Cukup jelas)
  • Anchor Text (Teks jangkar, link berupa teks dalam bentuk kata kunci)
  • Moz Rank (Peringkat versi Moz)
  • Host Page’s Site Thickness (Ketebalan konten dari situs sumber backlink)
  • Prior Links from Host Site (Tautan sebelumnya dari sumber backlink. Jika Anda pernah mendengar istilah backlink tier 1, 2 dan seterusnya, maka inilah yang dimaksud. Atau ketika anda berbicara tentang strategi backlink Piramid, maka ini juga yang dimaksud)
  • Ads Control (Kontrol iklan pada halaman sumber backlink).

Otoritas Domain – 10

Ini seharusnya tidak mengejutkan. Mendapatkan tautan dari website yang memiliki nama besar, seperti; Forbes, CNN, Fastcompany, The Next Web, TechCrunch, dan sebagainya – adalah kemenangan besar. Anda seperti mendapat dukungan dari Presiden, hohoho..

Salah satu cara untuk mengukur sejauh mana kebesaran situs, itu dapat dilihat dari DA PA Moz. Disini: DA Checkker

Saya tahu ini tidak sepenuhnya akurat. Tetapi, ini adalah hal terdekat yang dapat dimiliki. Ketika mengukur tingkat Otoritas Domain.

Penempatan Tautan – 6

Di mana backlink itu ditempatkan pada sebuah halaman situs, itu adalah faktor penting. Karena ini sangat mempengaruhi nilai atau kualitas backlink.

Saya benar-benar tidak suka jika, tautan (backlink) saya di bagian bawah konten. Atau di bio penulis (anggap bio penulis berada di bagian bawah sebagian besar konten). Karena memiliki peluang yang sangat rendah untuk diklik.

Mari kita sepakat dalam hal ini.. Oh.. Sepakat..

Jika diberi kesempatan, saya lebih suka tautan saya ditempatkan pada bagian awal tulisan. Dan lebih asik lagi, jika diparagaf awal. Oh.. asik..

Backlink yang tidak diklik memiliki nilai lebih rendah. Saya tidak tahu persis, kapan faktor ini keluar. Tetapi itu cukup benar. Semakin sedikit keterlibatan pengguna pada backlink, semakin sedikit otoritas/nilai kualitas yang dimilikinya.

Nah.. itulah kenapa posisi atau penempatan backlink itu penting. Semakin terlihat, semakin pada posisi bagus maka semakin berkualitaslah backlink itu. Mari kita sepakat lagi.. Hohoho…

Keterlibatan Pengguna – 8

Ini mendukung point yang persis diatas ini. Alasan sebenarnya mengapa penempatan backlink memiliki arti penting.

Dengan skor 6 diatas. Jawabanya adalah, bahwa keterlibatan pengguna adalah hal yang memberi pengaruh. Merupakan faktor penting.

Setelah pengguna mengeklik tautan Anda, buka situs Anda dan melakukan apa pun yang dapat dilacak oleh metrik keterlibatan pengguna (dan mereka melakukan banyak hal kemudian), itu akan berkontribusi pada kualitas backlink. Tercerahkan.. Oh.. cerah…

Ini adalah faktor yang sulit untuk dimanipulasi secara langsung. Jadi saya semakin bertambah percaya bahwa ini penting.

Algoritma Google semakin hari, semakin dibuat cerdas. Termasuk dalam menentukan nilai kualitas backlink. Mereka berupaya keras untuk membasmi segala bentuk manipulasi SEO. Oh seperti polisi pembasmi kejahatan..

Karena nilai yang ditentukan melalui algoritma, adalah seberapa baik konten memberi pengalaman pada pengguna itu sendiri.

Google, selalu menekankan tentang pengalaman pengguna. Jadi, sepakat kan? ah.. sudahlah..

Mari kita lanjut..

Tautan Internal – 3

Semakin hari, saya semakin yakin bahwa; nilai tautan internal itu sama pentingnya dengan tautan eksternal.

Itu dari fakta-fakta dimana setiap salah satu konten saya mendapat peringkat di halaman pencari, maka konten lain yang mendapat tautan dari konten ini akan otomatis harkat dan martabatnya ikut terangkat. Mendapat peringkat juga. Jadi inget martabak.. oh..

Jadi, tautan internal masih perlu dibangun, bukan? Maksud saya tidak semua website di luar sana, memiliki struktur tautan internal yang baik.

Dibutuhkan banyak pekerjaan untuk membangun tautan internal dengan anchor teks yang relevan di setiap halaman situs.

Dan jika tautan internal tidak berdampak pada keterlibatan dari pengguna akhir, itu tidak ada nilainya. Tautan internal, harus mendapatkan klik. Dan itu, berarti harus menarik perhatian pula.

Dan, jika backlink Anda berada pada konten yang mendapat tautan internal di situs terkait, itu akan semakin anjay saja. Oh.. Anjay…

Kualitas Halaman Host – 8

Benar-benar tidak ada yang lebih baik, daripada mendapatkan backlink dari halaman host otoritas tinggi.

Maka para penyedia jasa backlink akan menjual mahal jika itu berasal dari situs/domain otoritas tinggi. Ulala..

Anda dapat menggunakan skor Moz Page Authority, untuk mengukur tingkat orotias halaman host dengan mudah.

Selain itu, Anda harus memeriksa halaman tersebut. Jika saja ada tautan spam yang mengarah ke sana.

Gunakan pemeriksa backlink seperti Cognitive SEO.

Skor Spam / Sinyal Spam – 9

Sebuah situs dengan tingkat spam tinggi (cara terbaik untuk mengukurnya dengan sekilas adalah skor Moz Spam) itu benar-benar buruk.

Untuk pemeriksaan cepat, saya biasa menggunakan; websiteseochecker.com. Lebih sederhana dan tidak perlu login. Data base tetap bersumber dari Moz.

SPAM Skore 1% itu manis sekali.

Jika Anda tidak mendapatkan tautan dari halaman host dengan kualitas tinggi, hal terbaik berikutnya adalah, tidak membuat backlink dari halaman dengan skor spam tinggi. Oh.. Alternatif..

Tak perlu dikatakan bahwa, Anda harus menghindari tautan dari halaman host spam. Dengan cara apa pun. Dalam kondisi apa pun. Berjanjilah kawan. Oh Janji..

Peringkat Penulis – 5

Anda mungkin jarang mendengar orang membahas tentang ini. Author Rank!

Punya seseorang dengan Peringkat Penulis yang bagus? Untuk menulis tentang Anda atau link ke situs Anda? Ya itu hal yang baik.

Tidak ada terlalu banyak sinyal yang dapat diperoleh Google tentang seberapa otoritatif seorang penulis, selain dari Author Rank.

Saya masih percaya bahwa, itu adalah sesuatu yang istimewa dalam mendapatkan backlink dari penulis yang karyanya adalah sesuatu yang diketahui Google secara pribadi. Meskipun tidak pernah diakui secara publik – jadi saya memberikan nilai 5.

Saya telah menulis dimana-mana dan beberapa mendapat peringkat tinggi. Melalui akun Gmail-nya Google.

Oh.. backlink dari tulisan saya bernilai SEO. Mau?

Otoritas Topikal Situs Host – 7

Cara mudah untuk memeriksa apakah situs host memiliki potensi dalam otoritatif topik tertentu, adalah dengan memeriksanya menggunakan SEMrush. Dan melihat semua kata kunci yang mendapat peringkat di situs terkait.

Ini cukup penting bagi saya. Karena, saya bahkan tidak akan mencoba mendapatkan tautan dari sumber yang otoritas nichenya, tidak dekat dengan relevansi yang saya butuhkan.

Follow vs Nofollow – 10

Tautan nofollow tidak akan pernah benar-benar bisa menyamai ‘nilai’ yang diberikan tautan follow. Itu tidak akan. Oh.. Tidak…

Jadi fokuskan energi membangun backlink Anda, untuk mendapatkan tautan follow 100%. Jika Anda dapat peringkat dengan baik, dan konten Anda adalah emas, tautan nofollow secara alami, akan mengikuti untuk membuat profil tautan Anda terlihat alami.

Anchor Text – 6

Terkejut? Anchor text masih penting. Saya tahu bahwa, Google telah mengecewakan banyak SEO Expert soal ‘optimasi anchor’ teks. Tetapi kenyataannya adalah, itu masih deskripsi tunggal terbaik dari sebuah tautan.

Mengapa? Ya, karena terlihat dengan mata telanjang, itu mempengaruhi pengambilan keputusan (untuk mengklik atau tidak mengklik), dan itu mempengaruhi integritas keseluruhan halaman dalam hal integritas editorialnya.

Tentu saja, teks jangkar yang mengandung kata kunci yang tepat, masih menjadi yang paling bernilai, diikuti oleh kata kunci merek, lalu ajakan bertindak, kemudian URL mentah (naked link).

Peringkat Moz – 7

Moz benar-benar memberi gambaran yang cukup, untuk mendeskripsikan kualitas situs. Baik dalam bentuk situs host atau halaman host.

MozRank, memberi tahu Anda, betapa bernilai atau tidak bernilainya, suatu backlink.

Namun, sayangnya, Moz Spam Skor, tidak benar-benar memberi gambaran yang jelas, tentang bagaimana mereka menentukan skor spam, pada suatu situs atau halaman.

Ketebalan Situs Host Page – 4

Konsep ini sederhana. Semakin tebal halaman situs host, semakin baik dan alami, semakin otoritatif lah itu.

Jadi mungkin Anda bertanya-tanya “Bagaimana jika saya mendapatkan tautan dari situs yang tebal, tetapi terlalu dalam di situs untuk dirayapi Google?”

Jawabanya, kedalaman tautan Anda dari halaman host, tidak terlalu penting. Google akan dapat menemukan itu dan menghargai itu.

Algoritma Google itu, sebenarnya merayapi hingga kebagian terdalam setiap situs. Bahkan pada tautan yang telah ditempatkan perintah melalui robot txt, sebagai no indeks. Hohoho.. Google nakal…

Saya bisa membuktikan ini..

Tautan Sebelumnya dari Situs Host – 2

Jika Anda mendapat tautan dari situs host sebelumnya, tautan Anda berikutnya akan jauh lebih ringan. Atau tingkat kualitas backlink-nya, menjadi tidak begitu bernilai lagi.

Namun, jika tautan Anda sebelumnya dibangun jauh ke belakang, dan ada sedikit atau tidak ada keterlibatan yang terjadi pada halaman host itu, tautan yang lebih baru dan lebih segar akan membantu banyak. Saya memberi faktor ini 2. Karena sifat relatifnya.

Head-up: mendapatkan tautan dari situs host yang memiliki alamat IP blok C yang sama, benar-benar tidak akan membantu.

Kontrol Iklan – 7

Saya telah menyebutkan sebelumnya bahwa, mendapatkan tautan di atas lipatan adalah baik, tetapi jika itu digabungkan dengan banyak iklan di setiap sisi lipatannya, tautan Anda juga dapat dianggap sebagai semacam, baik … iklan.

Memastikan bahwa situs host mengontrol jumlah iklan mereka, dan di mana ditempatkan akan sangat menentukan integritas editorial mereka.

Sangat menyedihkan, melihat backlink yang dibuat dalam artikel yang dibumbui iklan tautan teks.

Saya tidak akan mengatakan lebih jauh. Karena itu akan menjadi faktor negatif yang dapat menyebabkan penalti. Tetapi, itu pasti tidak akan terlihat bagus untuk Google.

Sejauh ini – Saya akan terus memperbarui daftar ini, seiring berjalannya waktu. Dan tentunya pengalaman. Tentang apa saja yang mempengaruhi kualitas backlink.

Cara membangun backlink berkualitas SEO

Kita semua telah mendengar tentang ‘gemerincing’ dan sorakan, tentang cara membuat backlink dalam SEO pada seluruh web. Ramai dan riuh..

Membangun backlink adalah salah satu praktik paling penting dari SEO di luar sana. Sepakat?

Data dari SEOmoz mengatakan bahwa, pembuatan backlink, setidaknya memberi 42% pada peringkat halaman situs. Inilah rinciannya:

  • 22% Tautan Popularitas dari Halaman Tertentu
  • 20% Anchor Text dari situs eksternal

42% adalah angka yang sangat, sangat… sangat besar. Seberapa besar itu? Baiklah, mari kita lihat sisa yang memberi dampak SEO lainnya:

  • 24% Trust / Otoritas dari Domain Host
  • 7% Lalu Lintas dan Data Klik-Tayang
  • 6% Metrik Grafik Sinyal Media Sosial
  • 5% Data Pendaftaran dan Hosting
  • 15% Penggunaan Kata Kunci pada Halaman

Apakah Anda melihat bahwa 24% – otoritas / trust atau tingkat kepercayaan dari domain host?

Yah sebagian besar dari itu 24%, juga didasarkan pada tautan Anda.

Mengapa? Karena Google atau mesin pencari lainnya, tahu, bahwa jika Anda memiliki lebih banyak backlink, Anda mungkin situs yang dapat dipercaya.

Tidak semua backlink bernilai sama. Dan tidak semua tautan berharga. Tidak semua tautan memberi nilai lebih banyak pada situs Anda. Jadi apa yang membuat backlink bagus itu?

Selain dari apa yang sudah kita bahas diatas, Anda juga wajib tahu ini, jika ingin tahu cara membuat backlink berkualitas.

Relevansi situs

Jika website dari mana backlink berasal adalah situs yang memiliki konten yang relevan, atau fokus yang sama dengan situs Anda, maka itu membuat backlink tersebut menjadi sangat berharga.

Tautan diverifikasi oleh mesin pencari. Jika situs yang terhubung relevan satu sama lain.

Semakin relevan tautan, semakin baik nilai tautan itu.

Otoritas dan reputasi situs

Tautan yang berasal dari website yang dianggap oleh mesin pencari sebagai situs yang tepercaya akan memiliki nilai dan bobot lebih, saat Anda mendapat backlink dari sana.

Website yang baru pasti memiliki reputasi yang kurang juga. Karena, fakta bahwa domain mereka masih muda. Dan, belum mendapatkan kepercayaan dan reputasi yang dapat dinilai oleh mesin pencari. Oh belum dapat dipercaya..

Tentu saja, alasan dibalik ini adalah, karena ada begitu banyak situs spam di luar sana. Yang dengannya, Anda dapat dengan mudah memperoleh backlink.

Tetapi karena situs-situs tersebut memiliki reputasi buruk, dan tidak memiliki otoritas sama sekali, Anda akan dipaksa untuk berpikir dua kali untuk, mendapatkan backlink dari mereka.

Karena, Anda tahu bahwa, mesin pencari menghargai backlink yang berasal dari situs dengan otoritas dan reputasi tinggi.

Mendapatkan backlink dari situs yang tidak berguna, spam, sama dengan mendapatkan angin dan memasukkannya ke dalam botol – itu sama sekali tidak berharga.

Atau, Anda juga bikin ratusan blog atau situs baru untuk backlink, setiap hari. Dan jika nilainya sama, maka saya telah lebih dulu melakukannya. Hohoho..

Jangkar teks

Anchor Teks adalah teks yang digunakan untuk menamakan backlink yang mengarah ke situ Anda. Misalnya: Teks Anchor ke SEO Expert

Ini sangat penting! Karena, mesin pencari membacanya.

Fakta bahwa itu akan memberitahu mereka, betapa relevannya informasi situs Anda dengan website yang memberi backlink tersebut.

Ini adalah alasan atau ‘mengapa’ website terhubung ke siapa pun yang terhubung dengannya.

Dan itu ‘mengapa’ sangat penting bagi mesin pencari.

Tiga hal ini, harus menjadi fokus Anda, ketika berpikir untuk cara membangun backlink dari website lain.

Itu tidak mudah! Anda harus mempelajari, apakah situs tersebut memiliki otoritas, reputasi, dan tingkat ‘kepercayaan’ yang kredibel, apakah mereka akan memberi Anda jangkar teks yang baik, dan apakah mereka relevan dengan website Anda.

Teknik Membangun Backlink

Sejauh ini kita sudah membahas tentang betapa pentingnya backlink dalam SEO. Dan gambaran tentang defenisi backlink berkualitas yang dapat memberi nilai SEO pada website.

Dan menjadi semakin jelas pula bahwa, setiap backlink tidak memiliki nilai yang sama.

Jika semua memiliki nilai, maka backlink spamming, akan menjadi cara terbaik untuk mendapatkan peringkat yang lebih tinggi, bukan?

Tautan spamming tidak akan membantu Anda. Ini disukai oleh komunitas SEO pada umumnya. Dan, kemungkinan besar situs Anda akan dihukum oleh Google. Oh.. Polisi mesin pencari datang lagi…

Nilai didasarkan backlink ada pada sumber

Nilai backlink tergantung pada otoritas website yang memberikannya kepada Anda. Apakah website itu resmi? Apakah ini dipercaya oleh banyak orang? Apakah mereka punya banyak pengunjung? Apakah mereka memiliki peringkat halaman / MozRank yang tinggi?

Saat Anda mencari backlink yang akan memberikan ‘jus’ yang bagus ke website Anda, Anda harus mempelajari dari mana Anda backlinnk itu berasal.

Anda seharusnya menghindari backlink dari situs tanpa konten yang relevan dengan Anda.

Misalnya, jika website Anda tentang pelatihan anjing, Anda boleh menghindar backlink dari website yang berbicara tentang cara memperbaiki pipa toilet. Itu tidak akan berhasil! Ada beberapa hal yang harus Anda hindari saat membuat backlink.

Tapi untuk point ini, saya masih agak ragu juga. Baca: 4 Mitos dalam cara membuat backlink website

Jenis Backlink

Hal berikutnya perlu untuk dipahami dalam membangun backlink berkualitas untuk website. Diantaranya adalah, jenis tautan yang Anda dapatkan.

Apakah backlink nofollow? Apakah anchor teks terkait dengan website Anda? Di mana backlink itu ditempatkan, terlihat atau tidak? Apakah akan ditempatkan dengan banyak tautan lain (pada halaman tautan)?

Anda harus mempelajari jenis tautan yang Anda peroleh. Karena itu mempengaruhi nilai jus backlink yang dialirkan ke situs Anda.

Bahkan jika itu adalah situs resmi, jika mereka memberi Anda tautan nofollow, tanpa jangkar teks yang tepat, Anda mendapatkan jumlah jus minimum dari itu – itu jelas tidak memberi dampak maksimal.

Kualitas backlink tidak sama. Nilai berbeda. Nilai pastinya, tidak diketahui. Satu-satunya hal yang bisa diketahui adalah, bahwa, lebih baik membuat yang terbaik dari tautan yang diperoleh. Agar memiliki efek optimal, saat memberikan backlinnk ke website Anda.

Jadi, ketika Anda membuat backlink, lakukan riset. Lihat otoritas website dan kemudian pastikan tautan yang akan Anda dapatkan dari mereka, adalah tipe yang Anda inginkan.

Nilai Atribut Ideal Backlink

Semua tautan berasal dari suatu tempat. Tautan itu dari website ke website. Tautan masuk adalah tautan dari website lain ke situs Anda.

Kita sudah berbicara banyak tentang pentingnya memiliki tautan masuk (backlink) berkualitas dari website berkualitas. Tetapi apa saja atribut website berkualitas itu?

Usia domain

Seperti yang sudah dibahas pada entri diatas, usia domain penting.

Ini mungkin tidak menjelaskan sebagian besar faktor SEO Anda, tetapi Anda tidak pernah bisa mengganti atau membayar waktu.

Semakin tua situsnya, semakin dipercaya oleh Google. Mendapatkan tautan dari situs lama itu sulit, tetapi jika dan ketika Anda melakukannya, itu akan terbayar.

Peringkat halaman

Peringkat halaman Google akhir-akhir ini, berada dalam kebingungan. Bahkan Google mengklaim tidak tahu bagaimana menggunakannya lagi.

Menurut saya, yang satu ini adalah bahwa, klaim Google mungkin memiliki beberapa kebenaran – tapi saya pikir, itu masih memiliki bobot ketika datang dari otoritas tautan situs.

Google mungkin telah mengurangi efek peringkat halaman situs dengan otoritas tautannya, tetapi, tetap saja memiliki efek.

Tautan Masuk

Tautan masuk website atau backlink, mengatakan banyak hal tentang otoritas dan reputasi website.

Lebih sedikit tautan, berarti jelas kurang pengaruh. Jika Anda mempelajari website untuk mendapatkan tautan, Anda seharusnya, memeriksa tautan masuknya agar Anda dapat:

  1. Memiliki lebih banyak pilihan website untuk mendapatkan tautan masuk
  2. Mengukur seberapa besar otoritas yang dimiliki website berdasarkan kualitas tautan masuknya

Untuk memeriksa tautan masuk situs, Anda dapat menggunakan alat backlink checker. Seperti Ahref dll. Ini salah satu cara mudah yang dapat Anda gunakan. Dengan mengetikkan situs: http: //domainname.com di area teks pencarian.

Ini akan langsung menunjukkan kepada Anda sejumlah website yang menautkan ke nama domain yang Anda ketikkan.

Lacak tautan-tautan itu, bikin list atau daftar hasil periksa. Cari tahu bagaimana website tersebut mendapatkan tautan-tautan tersebut – kemudian cobalah untuk mendapatkan beberapa di antaranya untuk Anda sendiri.

Tautan keluar

Setiap kali Anda mempelajari website yang Anda rencanakan untuk mendapatkan tautannya, selalu periksalah tautan keluar mereka. Apakah mereka memiliki banyak tautan keluar? Apakah Anda hanya akan menjadi salah satu tautan keluar di website mereka?

Selalu ingat bahwa, tautan keluar melewati Google Juice ke tempat tautan itu. Berarti webstie yang memiliki tautan keluar, itu kehilangan sebagian jus Google. Karena, memberikan sebagian ke tempat yang ditunjuknya.

Sebuah situs yang memiliki BANYAK tautan keluar, berarti telah membagikan banyak jus Google ke banyak situs tersebut.

Jadi pikirkan, apa lagi yang tersisa untuk Anda, jika Anda hanya salah satu dari banyak?

Lalu lintas / traffic website

Tentu saja, untuk mengetahui apakah suatu website berjalan baik, Anda harus melihat pada orang-orang yang datang dan mengunjungi situs tersebut.

Jika ada beberapa orang, itu hanya bisa berarti bahwa, situs itu tidak terlalu menarik. Akal sehatnya begitu.

Beberapa alat yang dapat Anda gunakan untuk mengukur lalu lintas website adalah Quantcast, dan Alexa.

Website ini akan memberi Anda gambaran kasar, tentang seberapa banyak orang yang datang di website mereka sebagai lalu lintas.

Anda hanya perlu ingat bahwa, alat-alat ini tidak sepenuhnya akurat. Saya bahkan tidak tahu dari mana mereka mendapatkan datanya. Tapi itu membantu.

Entah bagaimana data mereka merupakan estimasi yang bagus, untuk mempelajari lalu lintas dan kualitas website.

The Idiot’s Guide to Link Metrics

Ada saat ketika Webmaster bisa mengklaim apa pun yang mereka inginkan, tentang website mereka. Google telah menghentikan itu dengan algoritma mereka yang selalu berubah. Dan SEO tidak pernah konstan.

Mari kita istirahat sejenak: Mengapa pos ini disebut “The Idiot’s Guide to Link Metrics”?

Alasan untuk ini adalah, karena saya menantang diri saya sendiri untuk menulis tentang topik yang menantang. Dan membuatnya dengan cara yang SIAPA SAJA dapat memahaminya.

Apa yang akan saya diskusikan adalah hasil dari belajar SEO bertahun-tahun. Serta mencoba apa yang telah saya pelajari di semua website saya; Saya akan membagikan temuan dan rahasia saya kepada Anda kali ini.

Yang harus Anda lakukan adalah terus membaca.

Mari kita mulai.

Kembali ketika Google memperkenalkan algoritma PageRank, alih-alih mengandalkan webmaster situs, mereka bergantung pada relevansi dan otoritas webmaster lain.

Ini segera menjadikan tautan sebagai bagian integral dari faktor peringkat website, mulai dari struktur tautan internal, hingga tautan eksternal, semuanya diperlakukan dengan sangat penting.

Meskipun demikian, PageRank sekarang merupakan algoritma kuno, tetapi teorinya masih berlaku, salah satunya adalah, bahwa, setiap tautan berbeda satu sama lain.

Jika Anda baru mulai berlatih SEO hari ini, pembuatan backlink harus menjadi komponen sentral dari strategi Anda.

Anda juga harus memiliki pengetahuan tentang berbagai jenis metrik tautan. Seperti Otoritas Halaman dan Otoritas Domain.

Pada dasarnya, metrik semacam ini mencoba menjawab seberapa kuat / otoritatif halaman di mana Anda akan membuat tautan.

Jadi, bagaimana Anda bisa mengintegrasikan metrik tautan ini ke dalam keseluruhan metrik SEO Anda, dan kapan Anda harus melakukan ini?

Otoritas Halaman

Page Authority adalah kumpulan dari setiap metrik yang bisa dimiliki oleh seorang webmaster dalam indeks tautan mereka. Dan kemudian dijadikan model yang dimasukkan ke dalam Google SERPs (halaman hasil mesin pencari).

Pada dasarnya, otoritas Halaman mencakup hal-hal seperti, menautkan URL, menghubungkan domain root, TLD, teks jangkar, tautan berikut, 301s, 302s, dan menghubungkan subdomain, dan banyak lagi.

Apa yang saya, sebagai webmaster inginkan adalah, untuk memprediksi seberapa baik halaman akan peringkat di halaman hasil dengan menggunakan skor Otoritas Halaman.

Jadi, ini hanya akan menggunakan data tautan; tidak ada data di halaman, tidak ada data konten, tidak ada data keterlibatan atau lalu lintas.

Jadi, segala sesuatu yang diketahui oleh webmaster tentang halaman mereka dari profil tautan ke domain tempat halaman tersebut dimasukkan dengan Google SERPs.

Ada model pembelajaran mesin di internet, yang dapat Anda gunakan, untuk membangun model sebaik mungkin.

Namun, mesin ini yang membangun model, menghapus apa pun yang mereka anggap tidak berguna, dan menambahkan berbagai atribut yang dianggap berguna.

Di sisi lain, Anda dapat menambahkan filter untuk menghasilkan beberapa model kompleks – yang pada dasarnya adalah, apa yang model pembelajaran mesin ini dirancang untuk dilakukan.

Pada akhirnya, seorang webmaster hanya perlu khawatir tentang skor prediktif yang mereka miliki, berdasarkan tautan.

Pada dasarnya, otoritas Halaman berguna untuk memprediksi seberapa baik halaman akan peringkat secara independen, dari semua komponen terkait non-tautan; ini akan menghasilkan data yang bagus untuk Anda.

Otoritas Domain

Definisi paling sederhana dari Otoritas Domain adalah Otoritas Halaman, hanya pada level root domain. Katakanlah www.jasaseo.blogspot.com adalah halaman, lalu www.blogspot.com adalah domain root.

Jelas, tautan yang berasal dari domain root, lebih berharga daripada tautan yang berasal dari subdomain yang dihosting.

Sayangnya, ini adalah kasus-kasus di mana Otoritas Domain tidak mendukung.

Namun, otoritas Domain sangat bagus, ketika Anda menggunakannya untuk memprediksi seberapa baik peringkat halaman suatu domain di Google.

Ini menghapus semua konten / informasi tingkat halaman, tetapi masih mempertahankan operasi di tingkat domain. Di sinilah Otoritas Domain atau DA paling berguna.

Menautkan Root Domain

Sejauh ini, ini adalah yang paling sederhana. Ini adalah hitungan dari semua domain root unik yang berisi tautan yang mengarahkan pengguna ke halaman atau website tertentu.

Berikut ini sebuah contoh: jika URL X memiliki 690 tautan domain root, maka itu berarti ada 690 domain root dengan setidaknya 1 tautan mengarah ke URL X.

Yang penting untuk diperhatikan adalah, apakah tautan di domain root ini diikuti atau tidak diikuti. Kombinasi keduanya, biasanya digunakan ketika tidak ditentukan – jadi, bahkan tautan nofollow bisa berada dalam domain tautan yang menghubungkan.

Itulah sebabnya, Anda harus selalu memeriksa spesifikasi tautan. Anda dapat menggunakan Ahrefs, Moz, dan Majestic untuk memeriksa apa yang termasuk tautan.

Kapan Anda Harus Menggunakan Metrik

Kerangka waktu yang paling umum untuk menggunakan metrik adalah bulanan, namun menggunakan DA Anda tidak disarankan, jika ini masalahnya.

Ini semua disebabkan oleh ketidakcukupan indeks yang menghitung DA Anda, dan model pembelajaran mesin yang disebutkan di atas, atau alat apa pun yang digunakan untuk data tautan hanya memulai pembaruan setiap bulan.

Jadi, jika Anda memerlukan laporan terbaru tentang DA Anda, maka Anda harus menunggu indeks untuk melakukan pembaruan.

Di sisi lain, telah dilaporkan bahwa Moz akan mengeluarkan pengganti untuk Mozscape yang akan menghitung PA dan DA pada kecepatan yang jauh lebih cepat.

Menghubungkan Root Domains

Meneliti berapa banyak tautan yang menghubungkan domain yang Anda miliki dan bagaimana mereka telah berubah dalam kerangka waktu tertentu.

Distribusi Otoritas Domain

Dalam beberapa kasus, Otoritas Domain bisa sangat berguna. Ini bukan pilihan pertama atau kedua bagi kebanyakan orang, tetapi Otoritas Domain dapat membantu dalam kampanye pembuatan tautan atau laporan kinerja.

Adalah baik jika Anda meneliti tautan DA yang baik, yang Anda miliki. Karena ini adalah mekanisme penyortiran yang baik untuk mengetahui domain mana yang memiliki otoritas lebih.

Lalu Lintas Organik untuk Kata Kunci Anda

Ini bukan metrik tautan langsung, tetapi membantu dalam hal mengetahui bagaimana tautan Anda terpengaruh.

Google hebat dalam merayapi seluruh web di seluruh dunia – mereka dapat melakukannya dalam satu atau dua minggu – jadi, sangat mungkin website Anda telah dirayapi, dan ini merupakan pengganti yang bagus, untuk mengetahui bagaimana kampanye membangun tautan Anda telah membantu kampanye pencarian Anda.

Skor Spam

Ini juga sangat membantu. Karena ketika Anda terus-menerus dipraktekkan membangun tautan di situs Anda – tidak peduli seberapa tinggi Otoritas Domain Anda, itu tidak menentukan apakah Anda memiliki skor spam yang tinggi.

Jadi, berhati-hatilah dengan skor spam website Anda. Bahkan jika Anda memiliki Otoritas Domain tinggi, itu hanya akan hancur karena skor spam Anda yang tinggi.

Nilai Tautan Dari Domain

Pertanyaan yang paling sering diajukan oleh para praktisi SEO, adalah, tautan mana yang memberi mereka nilai tinggi. Jika itu adalah tautan yang menunjuk ke website Anda, maka jawabannya sederhana:

Lalu Lintas Terkirim – jika tautan situs atau halaman mengirimkan lalu lintas kepada Anda, itu bagus. Selain itu, ini juga akan ditafsirkan secara positif oleh mesin pencari.

Selain itu, Anda dapat menggunakan:

PA dan DA

Ini membantu karena kedua metrik ini berkorelasi erat dengan nilai. Ini juga dapat membantu, jika Anda tidak bisa mendapatkan data lalu lintas dari website lain.

Menautkan Root Domain

Ini pada dasarnya adalah tentang jumlah tautan ke suatu halaman atau domain.

Naik Peringkat

Ini jarang terjadi, tetapi ketika itu terjadi, Anda akan segera mengetahui nilai tautannya.

Terkadang, seorang webmaster akan memiliki tautan baru yang menunjuk ke website mereka, dan peringkat mereka secara nyata naik – maka mereka dapat mengasumsikan bahwa, tautan yang baru ditambahkan adalah sesuatu yang bernilai.

Namun, jika ada variabel lain yang dimainkan, maka tidak aman bagi webmaster untuk menganggap apa pun. Apa yang saya sarankan adalah PASTIKAN SEGALA SESUATU, sebelum memutuskan atau menyimpulkan apa pun.

Skor Spam

Ini juga membantu karena Anda dapat mengetahui tautan mana yang tidak aman, dan tautan mana yang dapat dipercaya.

Tautan Target Outreach

Jadi, ketika Anda memiliki banyak target tautan prospektif, mana yang harus Anda gunakan? Hal-hal penting untuk diperhatikan:

Otoritas Domain

Ini adalah metrik yang baik karena membantu memprediksi kinerja halaman domain di Google – yang dapat membantu Anda memahami, bagaimana Anda bisa lebih baik dalam menentukan peringkat situs Anda.

Tetapi mengapa Anda harus menggunakan DA bukan PA? Yah, halaman umum tempat Anda mendapatkan tautan berasal dari halaman yang baru dibuat – yang tidak memiliki otoritas apa pun.

Namun, seiring waktu halaman ini, juga akan mendapatkan otoritas, tetapi saya tetap menyarankan Anda menggunakan DA. Ini karena masalah waktu indeks tautan atau halaman tempat tautan akan diposting.

Menghubungkan Root Domain

Karena ini berkorelasi erat dengan DA dan peringkat situs, maka itu juga merupakan faktor penting untuk target penjangkauan tautan.

Skor Spam

Mencatat skor spam Anda pasti membantu. Selain dari apa yang dinyatakan sebelumnya, menyadari bagaimana Anda dan konten Anda, halaman, dan tautan dilakukan jelas merupakan praktik SEO yang baik.

Perkirakan Lalu Lintas

Menggunakan alat seperti taksiran traffic SimilarWeb memungkinkan Anda mengukur lalu lintas nyata yang dikirim. Jika Anda melihat tidak ada tautan ikuti, tautan afiliasi, atau lalu lintas, maka Anda dapat menggunakan alat ini untuk memprediksi lalu lintas.

Takeaway kunci

Mudah-mudahan, Anda telah meningkatkan pemahaman Anda tentang Otoritas Domain, Otoritas Halaman, dan Menghubungkan Root Domain dan bagaimana menggunakannya. Karena pembuatan tautan adalah bagian integral dari kampanye SEO Anda, maka mengetahui hal-hal yang disebutkan dalam artikel ini, dapat membantu Anda mencapai tujuan SEO Anda.

Konklusif, tautan adalah bagian penting dari SEO Anda, inilah mengapa Anda juga harus fokus pada segalanya – mulai dari komponen terbesar hingga yang terkecil. Selalu ingat bahwa para ahli SEO paling sukses fokus pada semua komponen strategi mereka, dan bukan hanya satu atau dua dari mereka.

Bisakah Anda sekarang menggunakan metrik tautan ini pada strategi SEO Anda? Anda punya pertanyaan lain? Beri tahu saya di komentar di bawah, dan mari kita saling membantu.

1 comment

Add Yours

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *