Pentingnya Alat Safety Yang Wajib Digunakan Pekerja

Perlengkapan alat kerja merupakan alat yang wajib dimiliki oleh setiap pekerja dalam setiap bidang yang dapat dikategorikan sebagai pekerjaan berbahaya. Pekerjaan ini dapat jadi pekerjaan yang meliputi pentingnya alat berat serta zat zat kimiawi. Tentunya, pekerjaan ini sangat berbahaya. Maka dari itu, pentingnya untuk memiliki alat safety agar terhindar dari risiko serta meminimalisir kecelakaan kerja. Perusahaan harus bisa menyediakan alat safety dari toko alat safety dan memberikannya kepada pekerja mereka.

Terlebih, pekerja beserta perusahaannya harus dapat menunjang budaya keselamatan kerja. Dengan adanya alat safety, hal tersebut dapat terealisasikan. Namun, perlu diketahui bahwa alat safety yang digunakan memiliki sedikit perbedaan dalam bidang pekerjaannya. Seperti contohnya, alat safety yang digunakan di laboratorium sedikit berbeda dengan yang digunakan pada kawasan konstruksi. Maka dari itu, penting untuk mengetahui alat safety apa yang wajib dimiliki dalam setiap pekerjaan. Secara spesifik, kita akan membahas pentingnya alat safety yang ada pada pekerjaan konstruksi dan pembangunan.

Dampak dan bahaya bagi pekerja konstruksi

Pekerjaan konstruksi memerlukan banyak alat safety yang wajib dimiliki. Alat safety ini berfungsi sebagai pelindung yang nantinya akan melindungi pekerja dari kecelakaan kerja serta risiko yang ada. Ini dikarenakan kawasan pekerjaan konstruksi merupakan kawasan kerja yang cukup berbahaya. Terdapat banyak alat berat yang dapat mengakibatkan kecelakaan kerja.

Selain itu, banyaknya zat zat kimiawi dan bahan bahan serta serpihan yang ada juga akan membahayaan pekerja konstruksi. Maka dari itu, sangatlah penting untuk memiliki alat safety dan menggunakannya. Perusahaan konstruksi tersebut juga harus mewajibkan penggunaan alat safety kepada pekerjanya. Oleh karena itu, terdapat banyak pentingnya alat safety yang wajib digunakan pekerja konstruksi. Berikut adalah beberapa diantaranya.

Pelindung Mata

Alat safety pertama yang wajib digunakan oleh pekerja konstruksi adalah pelindung mata dan wajah. Area mata dan wajah adalah area tubuh yang rentan terkena zat zat kimiawi dan serpihan besi ataupun kaca. Jika area mata dan wajah terkena zat zat dan serpihan tersebut, maka akan menyebabkan cedera ataupun luka.

Seperti contohnya, mata yang terkena zat kimia bisa menyebabkan mata yang rusak bahkan mengakibatkan kebutaan. Maka dari itu, sangat penting untuk menggunakan alat pelindung mata dan wajah. Diantara alat pelindung mata dan wajah adalah kacamata safety. Kacamata safety yang digunakan pekerja konstruksi berfungsi untuk melindungi mata pekerja konstruksi dari serpihan kaca ataupun gesekan besi.

Contohnya, disaat melakukan penglasan, terkadang terdapat percikan serpihan besi yang dapat membahayakan mata. Maka dari itu, sangat penting untuk menggunakan kacamata safety.

Masker Safety

Selain kacamata safety, terdapat pula pentinya alat safety pelindung mata dan wajah berupa masker. Masker safety ini berfungsi untuk melindungi hidung dan pernafasan pekerja dari zat zat kimiawi yang berbahaya. Dengan adanya masker safety, maka pernafasan pekerja akan terlindung dari zat zat berbahaya tersebut. Ada beberapa kegiatan ataupun bidang pekerjaan dari pekerjaan konstruksi yang memerlukan perlindungan mata dan wajah.

Diantaranya adalah pekerjaan operasional seperti gerinda, pemahatan, pengampalasan dan pengelasan. Selain itu, pekerjaan seperti penyemprotan, pemotongan logam dan pekerjaan yang menggunakan sinar ultraviolet mewajibkan pekerja menggunakan pelindung mata dan wajah.

Sepatu Safety dan sarung tangan

Alat safety selanjutnya yang wajib digunakan oleh pekerja konstruksi adalah alat pelindung kaki dan tangan. Alat pelindung kaki dan tangan sangat wajib digunakan oleh pekerja konstruksi. Hal ini dikarenakan banyaknya kegiatan berbahaya yang memerlukan tangan untuk bekerja dan kaki untuk menginjak. Untuk menghindari risiko kecelakaan, wajib untuk digunakannya alat pelindung kaki dan tangan. Salah satu contoh dari alat pelindung kaki dan tangan adalah sepatu safety.

Sepatu safety yang baik adalah sepatu safety yang berbahan kokoh, kuat, tebal, dan tahan terhadap bahan kimia dan bahan berat. Fungsi sepatu safety yaitu untuk melindungi kaki dari serpihan kaca ataupun serpihan besi yang dapat melukai kaki pekerja. Selain itu, sepatu safety juga mencegah kaki pekerja konstruksi jika sewaktu waktu tertimpa benda berat dan benda panas.

Selain sepatu safety, terdapat juga sarung tangan safety atau safety gloves. Sarung tangan safety berfungsi untuk melindungi tangan dari permukaan keras disaat bekerja. Selain itu, sarung tangan juga dapat melindungi dari permukaan yang memiliki zat kimia dan permukaan yang panas.

Helm Safety

Pentingnya alat safety selanjutnya yang wajib digunakan pekerja konstruksi adalah pelindung kepala. Pelindung kepala wajib digunakan oleh pekerja konstruksi. Hal ini dikarenakan area kepala merupakan area yang sangat vital dan berbahaya jika terpukul oleh benda berat. Maka dari itu, pelindung kepala sangat penting digunakan.

Contoh dari pelindung kepala adalah helm safety. Helm safety berfungsi untuk melindungi kepala pekerja dari paparan aliran listrik, bahan kimia dan ketimpaan benda berat dan tajam. Selain itu, helm safety juga sangat berguna untuk melindungi kepala dari radiasi panas dan percikan bahan kimia. Umumnya, helm safety memiliki warna putih dan fitur pelengkap berupa tali penahan, pelindung telinga dan bantalan kepala.

Pelindung Tubuh dan Coverall

Alat safety terakhir yang wajib digunakan oleh pekerja konstruksi adalah pelindung badan ataupun pelindung tubuh. Pelindung badan ataupun pelindung tubuh sangat penting untuk digunakan di kawasan konstruksi. Salah satu contoh dari pelindung badan ataupun pelindung tubuh adalah pakaian pelindung seperti safety coverall. Anda bisa mencari dan membeli peralatan safety secara online.

Perlengkapan safety coverall berfungsi untuk melindungi badan dari temperature ekstrem, paparan bahan kimia serta logam panas. Selain itu, safety coverall juga berfungsi untuk melindungi pekerja dari noda seperti lumpur yang terdapat pada kawasan konstruksi.

Selain safety coverall, terdapat juga wearpack. Wearpack berfungsi untuk melindungi badan dari bahaya kecelakaan dan gesekan jika pekerja konstruksi sewaktu waktu terjatuh. Contoh lain dari alat pelindung badan adalah rompi keselamatan. Rompi keselamatan pada umumnya sangat berguna jika terjadi pekerjaan konstruksi dimalam hari. Warna dari rompi keselamatan yang mencolok berfungsi untuk memantulkan cahaya yang nantinya akan mencegah kontak kecelakaan pada pekerja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *