Langkah Supaya Smartphone Android Terbebas Dari Malware Dan Virus

Kita akan membahas berita teknologi tentang langkah Supaya Smartphone Android Terbebas Dari Malware Dan Virus. Penelitian menyebutkan jika malware atau virus ternyata banyak menargetkan android dibanding IoS. Hal ini dikarenakan android terbuka secara luas serta banyak yang menggunakannya.

Perlu diketahui jika android adalah platform terbuka yang dipakai oleh ratusan produsen ponsel di penjuru dunia. Hal inilah yang membuat pengembang bisa mengotak-atik file inti agar membuatnya lebih unik serta menambah fitur yang sebelumnya tidak disediakan.

Laporan yang dilakukan oleh MyBoardband menyebutkan jika tingkat keparahan smartphone terkena malware mencapai 7,3. Ini berbeda dengan iOS yang hanya 6,3 saja. Bagi yang ingin smartphone android terbebas dari malware, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut

Menggunakan Aplikasi Yang Resmi

Android merupakan sistem operasi yang telah terintegrasi dengan Google. Jadi pengguna lebih nyaman saat menggunakannya. Jadi tidak heran jika Google memberi rekomendasi para penggunanya untuk mendownload aplikasi melalui Google Play Store agar lebih aman.

Untuk aplikasi yang telah resmi dirilis, biasanya ada di pencarian Play Store. Sebelum mengunduhnya, pastikan memeriksa peringkat serta ulasan aplikasi. Jika aplikasinya buruk urungkan untuk download. Dengan begitu, smartphone android terbebas dari malware dan virus.

Jangan Mengunduh Aplikasi Dari Pihak Ketiga

Sekarang ini memang banyak aplikasi dan game yang bisa dimainkan di android. Sayangnya game tersebut tidak dirilis secara bersamaan. Biasanya hanya untuk beberapa negara tertentu saja di awal rilis. Tidak heran jika banyak pengguna yang mendownload game atau android di pihak ketiga.

Padahal cara ini sangat beresiko karena membuat smartphone terserang malware dan virus dengan mudah. Bagi yang mau mengunduh secara resmi, Anda bisa melakukannya di Play Store. Jadi smartphone android terbebas dari malware dan Anda bisa menggunakannya dengan puas.

Jangan Asal Menggunakan Tautan

Mungkin dari Anda sering sekali mendapat pesan tidak jelas dari akun atau nomor misterius. Biasanya pesan tersebut disusupi oleh tautan yang tampak menarik sehingga kamu penasaran untuk membukanya.

Biasanya jika kamu klik tautan tersebut, malware akan masuk ke smartphone tanpa disadari. Hal ini tentu jangan dilakukan agar smartphone android terbebas dari malware paling ampuh. Ingat, jangan asal mengklik atau membuka tautan karena akibatnya sangat fatal untuk kesehatan ponsel.

Baca juga: Panduan membeli mesin Fotocopy Rekondisi

Hindari Untuk Mengklik Iklan Ketika Browsing

Hingga saat ini kamu bebas mau mengakses situs sesuai keinginan di internet. Jumlah situsnya juga terus bertambah supaya kebutuhan masyarakat dunia bisa terpenuhi. Banyak diantara kita yang mungkin mendapati ada iklan yang ditemui ketika sedang browsing.

Bagi yang punya kebiasaan tersebut, diharapkan untuk tidak melakukannya lagi. Terlebih jika kamu ingin smartphone android terbebas dari malware. Biasanya iklan yang tidak jelas berisi malware yang sangat buruk untuk android. Tidak heran jika android sering down karena iklan tadi.

Pakai Keamanan Antivirus Resmi

Cara lain agar smartphone bisa terbebas dari malware adalah menggunakan keamanan berupa antivirus. Pastikan mendownload yang versi resmi agar lebih aman ketika digunakan. Bagi yang punya dana lebih, tidak ada salahnya jika berlangganan antivirus.

Dengan begitu, antivirus tadi bisa lebih aman dari malware. Akhirnya keinginan smartphone android terbebas dari malware 100% bisa didapat. Sering-sering juga untuk memindai smartphone agar ponsel tetap bersih dan terbebas dari malware.

Update Sistem Operasi

Smartphone tidak bisa dipisahkan dari sistem operasi. Bisa disebut jika sistem operasi merupakan jantungnya android atau smartphone. Kini ada banyak sistem operasi yang bisa digunakan. Selalu ada update terbaru untuk penggunaan sistem operasi tersebut.

Cara smartphone android terbebas dari malware paling ampuh adalah selalu mengupdate sistem operasi ini. Jangan sampai memakai sistem operasi yang sudah lawas karena bisa menganggu kinerja android yang digunakan. Selain itu, perangkat android juga lebih beresiko terkena malware.

Jangan Pernah Memakai Wifi Yang Tidak Dikenal

Sekarang sudah banyak tempat umum yang menyediakan Wifi untuk para pengguna smartphone. Melihat kondisi ini tentu saja sangat menggiurkan. Kapan lagi bisa mendapat koneksi internet secara gratis. Tidak jarang kamu langsung menghubungkan perangkat dengan Wifi tersebut./

Perlu diketahui jika tempat umum adalah ladang dari para penjahat dunia maya untuk menyebarkan malware yang berbahaya untuk perangkat. Jadi bagi yang sering menggunakan Wifi tidak dikenal,  ada baiknya jangan mengulangi lagi karena berbahaya untuk data pribadi.

Siapapun penggunanya pasti ingin smartphone android terbebas dari malware atau virus. Tidak heran karena jika perangkat terserang malware, tentu saja kamu yang akan rugi sendiri. Misalnya, data penting bisa dicuri atau sebagainya.

Bagi yang tidak ingin hal ini kamu alami, ada baiknya mengikuti beberapa langkah yang telah disebutkan di atas/ Ingat, dunia maya itu penuh dengan kejahatan. Jadi Anda harus selalu berhati-hati, terlebih menyangkut data pribadi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *